Profil Ibrahima Konate: Dari Bola Jalanan hingga Jadi Pemain yang Diperhitungkan

| 15 Dec 2022 17:05
Profil Ibrahima Konate: Dari Bola Jalanan hingga Jadi Pemain yang Diperhitungkan
Foto: Instagram @ibrahimakonate

ERA.id - Ibrahima Konate memang dilahirkan di Paris, Perancis, pada tanggal 25 Mei 1999. Namun, dia tentunya tetap tidak dapat memungkiri jika dalam dirinya mengalir darah Mali dari orang tuanya, Hamadi dan Yara.

Sebelum Ibrahima Konate lahir, Hamadi dan Yara berimigrasi dari Mali ke Perancis. Tentunya bukanlah sebuah keanehan jika Ibrahima Konate lebih menaruh cintanya untuk Perancis ketimbang Mali.

Pada masa pertumbuhannya pun tak lepas dari bayang-bayang Stade de France, stadion nasional Perancis. Ketika masih kanak-kanak, sepak bola sudah menjadi permainan yang digemari olehnya. Bahkan untuk memuaskan rasa penasarannya, bola terbuat dari kertas dan selotip pun tetap dia gunakan.

Perkenalan dengan Sepak Bola

Ibrahima Konate (Foto: @RBLeipzig_EN)

Perkenalannya dengan sepak bola tidaklah secara instan dan langsung menginjak rumput hijau. Dia bermain bola di jalanan dengan kakak laki-lakinya. Dan suatu hari seorang pelatih Reda Bekhti menyaksikan bakatnya. Bekhti menilai Konate memiliki potensi melalui teknik dan fisiknya. Bekhti selanjutnya memanggil Ibrahima Konate untuk bergabung ke Paris FC. Saat itulah, kisah gemilangnya dimulai. Namun, Konate mengawali kariernya sebagai striker, bukan bek seperti saat ini.

Setelah itu, posisi Konate berpindah lebih ke belakang menjadi gelandang bertahan. Selanjutnya, ketika bergabung dengan Sochaux, posisinya kembali pindah ke belakang, tepatnya bek tengah. Bersama Sochaux, peran baru Konate semakin memiliki karakter yang kuat. Hingga saat ini, pemain berpostur 194 cm tersebut berposisi sebagai bek.

Ibrahima Konate memiliki karier yang semakin melejit hingga dilamar oleh klub asal Jerman, RB Leipzig. RB Leipzig seakan menjadi batu loncatan bagi dirinya tampil di kompetisi paling tinggi Eropa, Liga Champions. Saat tampil di Liga Champions, performanya menyita perhatian pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Pada tahun 2021, Liverpool pun meminangnya dari RB Leipzig.

Konate adalah salah satu dari tujuh bersaudara yang mengenal dan menggandrungi sepak bola dari jalanan di Paris. Ia juga mendapatkan julukan yang kocak dari ibunya sendiri, yaitu ‘Ibu Profen’.

Julukan ‘ibu’ tersebut masih akrab disandangnya hingga ke lingkungan rekan-rekan se-timnya di RB Leipzig. Ia juga kerap menjadi bahan candaan atau ditertawai oleh rekan se-timnya pada sesi latihan RB Leipzig.

Profil Ibrahima Konate

Nama: Ibrahima Konate

Tempat lahir: Paris, Perancis

Tanggal lahir: 25 Mei 1999

Kewarganegaraan: Perancis

Tinggi badan: 194 cm

Posisi: Bek tengah

Kaki terkuat: Kanan

Karier:

2014-2016: Paris FC

2016-2017: Sochaux

2017-2021: RB Leipzig

2021-saat ini: Liverpool

Gaya Bermain

Konate dianugrahi kecepatan, fisik yang ideal, dan mampu menjalankan skema awal penyerangan. Gaya permainan Konate juga menyerupai Virgil Van Dijk. Memang, masih terlalu dini bagi Konate untuk disetarakan dengan bek andalan Liverpool tersebut, namun hal itu tentunya bukanlah tanpa alasan.

Konate mempunyai kurang lebih 65 persen keberhasilan tekel dan dalam duel udara ia juga memiliki persentase di atas 70 persen. Dia mampu menggiring bola hingga ke tengah lapangan dan menciptakan umpan-umpan manis untuk mengawali serangan. Akurasi umpannya pun mencapai 85 persen pada tiap laga.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi