Berbagai Fakta Piala Dunia Qatar 2022 yang Menarik Perhatian

| 19 Dec 2022 17:05
Berbagai Fakta Piala Dunia Qatar 2022 yang Menarik Perhatian
Pemain-pemain peraih gelar bergengsi Piala Dunia 2022 (Twitter @brfootball)

ERA.id - Piala Dunia 2022 di Qatar telah berakhir. Argentina keluar sebagai juara setelah mengalahkan Prancis dalam babak adu penalti. Dalam gelaran tersebut, ada beberapa fakta Piala Dunia Qatar yang menarik perhatian.

Fakta-fakta tersebut berkaitan dengan capaian individu beberapa pemain dan informasi menarik. Berikut adalah beberapa hal yang dihasilkan oleh Piala Dunia 2022 Qatar.

Berbagai Fakta Piala Dunia Qatar

Salah satu hal yang menyita perhatian dalam Piala Dunia Qatar adalah sosok megabintang Lionel Messi. Sejak sebelum gelaran ini dimulai, namanya mendapat sorotan publik karena Piala Dunia 2022 dinilai sebagai Piala Dunia terakhir bagi dirinya. Selain itu, trofi Piala Dunia adalah trofi yang belum berhasil diangkat oleh “si Alien”.

Arab Saudi mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022 (Twitter @Ibraheemaffelay)

Setelah melalui beberapa pertandingan, Messi dkk. dinobatkan sebagai yang terbaik di Piala Dunia 2022. Akhirnya, Messi berhasil mencium dan mengangkat Piala Dunia dengan bangga dan penuh kebahagiaan.

Fakta menarik lain dalam gelaran terbesar dunia persepakbolaan ini adalah keberhasilan Arab Saudi yang mengalahkan Argentina pada laga awal babak grup. Arab Saudi berhasil mematahkan rekor tak terkalahkan Argentina. Selain itu, dalam Piala Dunia 2022, hanya Arab Saudi yang berhasil mengalahkan Argentina.

Gelar Bergengsi Piala Dunia 2022

Dalam gelaran besar ini, Messi tidak hanya mengangkat trofi penuh gengsi tersebut. Dikutip Era dari akun Twitter @FIFAWorldCup, Messi berhasil mendapatkan Golden Ball. Ini merupakan trofi yang diberikan kepada pemain terbaik dalam Piala Dunia.

Golden Ball kali ini adalah yang kedua bagi Messi. Pada 2014, dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2014. Sayangnya, ketika itu dirinya gagal membawa Argentina menjadi juara karena kalah dengan Jerman di laga pamungkas.

Messi sangat layak mendapatkan gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2022 sebab perannya bagi Argentina memang sangat vital. Dia berhasil mencatatkan 7 gol dan 3 assist. Dalam cacatan gol, dia hanya kalah satu angka dari Kylian Mbappe, padahal dalam Piala Dunia ini posisi utama Messi adalah gelandang serang (meski kadang di-rolling untuk berada di posisi depan).

Di luar catatan tersebut, selama Argentina berlaga di Piala Dunia, Messi memang menjadi pusat dari permainan. Peluang-peluang lahir dari kreativitasnya. Baik di depan maupun tengah, Messi punya hal besar yang membuat timnya berhasil menjadi juara, dan hal tersebut tak dimiliki oleh pemain lain di Piala Dunia 2022.

Trofi individu bergengsi Piala Dunia 2022 tidak hanya didapatkan oleh Messi. Dua kawannya di timnas juga berhak atas gelar bergengsi, yaitu Enzo Fernandez dan Emiliano Martinez.

Enzo merupakan gelandang timnas Argentina. Dia dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2022. Sementara, Martinez mendapatkan Golden Glover Award atau kiper terbaik.

Capaian tersebut juga bukan tanpa alasan. Enzo masih berusia 21 tahun, tetapi dia telah mendapatkan kepercayaan untuk berada di line up Argentina dalam Piala Dunia. Selain itu, perannya di lini tengah juga terbilang apik, apalagi hasil akhirnya adalah dia dan kawan-kawannya menjadi juara.

Sementara, Martinez adalah kiper underrated yang menunjukkan taring di Piala Dunia 2022. Berbagai penyelamatan penting membuat timnya melaju hingga babak final. Pada laga pemuncank, dia berhasil menghentikan tendangan keras di menit-menit akhir yang tak lain adalah peluang besar Prancis. Dalam adu penalti dia juga berhasil menepis satu sepakan pemain lawan.

Satu lagi trofi bergensi Piala Dunia 2022 didapatkan oleh pemain Prancis, Kylian Mbappe. Penyerang PSG ini berhasil mendapatkan Golden Boot Award atau penghargaan kepada top scorer Piala Dunia 2022.

Mbappe berhasil mengungguli Messi (7 gol) dengan total 8 gol. Hal tersebut tidak terlepas dari laga pamungkas yang membuatnya mencetak hattrick. Fakta Piala Dunia Qatar ini juga menarik sebab jika Mbappe gagal menungguli Messi, bisa jadi Messi menggendong 3 trofi sekaligus. 

Rekomendasi