Marcus Rashford Dianggap Offside, Ini Alasan Gol Bruno Fernandes Tetap Sah Berdasarkan Peraturan IFAB Terbaru

| 15 Jan 2023 10:39
Marcus Rashford Dianggap Offside, Ini Alasan Gol Bruno Fernandes Tetap Sah Berdasarkan Peraturan IFAB Terbaru
Marcus Rashford (Instagram)

ERA.id - Kemenangan Manchester United (MU) atas Manchester City (Man. City) di Liga Inggris yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (14/1/2023) malam WIB diwarnai kontroversi.

MU menang 2-1 atas Man City meskipun tertinggal lebih dulu. Bruno Fernandes menyamakan kedudukan pada babak kedua, disusul Marcus Rashford memanfaatkan umpan Alejandro Garnacho.

Namun, gol penyama kedudukan yang dicetak Bruno Fernandes menjadi sorotan. Sebab, sebelum Fernandes mengambil bola, Rashford yang berada dalam posisi offside tampak bergerak lebih dulu.

Gol Bruno Fernandes pun menuai kontroversi. Wasit garis sudah mengangkat bendera setelah Marcus Rashford berada dalam posisi offside.

Setelah itu, perayaan gol sempat ditunda sejenak karena wasit harus meninjau VAR. Tapi, gol tetap disahkan karena Rashford dianggap tak terlibat langsung dengan bola dan tak menyentuh bola meski dalam posisi offside.

Gol penyama skor ini jadi perdebatan di media sosial karena dalam tayangan ulang, Rashford dekat dengan bola dan berpotensi mengecoh bek atau kiper lawan sebelum bola dikuasai Fernandes.

Wasit Stuart Atwell kemudian berbicara dengan asistennya, Darren Cann, dan mengesahkan gol Bruno Fernandes.

Lantas, mengapa Marcus Rashford tidak dianggap offside?

Merujuk peraturan Hukum Permainan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk musim 2022/2023, dikatakan sebagai berikut:

Seorang pemain dalam posisi offside pada saat bola dimainkan atau disentuh oleh rekan setimnya akan dihukum karena terlibat dalam permainan aktif dengan:

Mengganggu permainan dengan memainkan atau menyentuh bola yang dioper atau disentuh oleh rekan satu tim atau

Mengganggu lawan dengan:

1. Mencegah lawan bermain atau dapat memainkan bola dengan menghalangi pandangan lawan secara jelas atau;

2. Ada kontak dengan lawan untuk meraih bola atau;

3. Berusaha untuk menguasai bola yang dekat yang mana tindakan ini berdampak pada lawan atau;

4. Membuat suatu tindakan nyata yang jelas-jelas berdampak pada kemampuan seorang lawan untuk memainkan bola.

Dalam hal ini, Rashford tidak terlibat langsung dengan bola serta tidak menyentuh bola meski dalam posisi offside.

Rashford juga dianggap tidak mengganggu pemain lawan karena posisinya jauh dari pemain belakang dan juga kiper Man City Eder Soraes.

Marcus Rashford awalnya mengejar bola meski dalam posisi offside saat Casemiro memberikan umpan. Rashford, bagaimanapun, tidak menyentuh bola, dengan umpan akhirnya jatuh ke Fernandes yang berada di sisinya.

Ternyata, aturan offside baru-baru ini diubah. Seorang pemain sekarang dinilai offside jika dia menyentuh bola setelah berada dalam posisi offside, atau keterlibatan mereka menghentikan pemain lawan memainkan bola.

Rashford berlari di samping bola tetapi tidak menyentuhnya, dan tidak ada bek City yang mampu menyentuh bola dan mengalihkannya dari Fernandes.

Akibatnya, keputusan awal dibatalkan dan gol diberikan kepada Fernandes.

Rekomendasi