Profil Ratu Tisha, Mantan Sekjen PSSI yang Mendatangkan Shin Tae Yong ke Indonesia

| 16 Jan 2023 15:28
Profil Ratu Tisha, Mantan Sekjen PSSI yang Mendatangkan Shin Tae Yong ke Indonesia
Profil ratu tisha (Twitter)

ERA.id - Mantan Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menjadi sorotan penggemar sepakbola tanah air. Hal tersebut setelah dirinya resmi terjun ke bursa calon Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Artikel ini akan membahas profil Ratu Risha dan beberapa fakta menarik lainnya.

Ratu Tisha sebelumnya telah mendaftarkan diri untuk posisi Ketua PSSI di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta. Menurut Ratu Tisha, pendaftarannya sebagai bakal calon wakil ketua umum PSSI menjadi salah satu perwujudan cintanya terhadap sepak bola.

Rekam Jejak Ratu Tisha dan Beberapa Fakta Menarik Lainnya

  1. Cinta Bola Sejak Sekolah

Ratu Tisha Destria dilahirkan di Jakarta 37 tahun silam tepatnya 30 Desember 1985. Sepak bola sudah jadi kegemaran Tisha saat masih bersekolah, ia bahkan dikabarkan pernah menjadi manajer tim sekolah.

  1. Kuliah Jurusan Matematika

Bukan kuliah di jurusan olahraga, namun ternyata Tisha berkuliah di Institut Teknologi Bandung dan mengambil jurusan Matematika. Usai lulus, Tisha kemudian bekerja di perusahaan yang bergerak di perminyakan dan mendapat ilmu eksplorasi data dan konflik manajemen.

  1. Bekerja di Luar Negeri

Tisha diketahui mahir berbicara bahasa asing lantaran pernah bekerja di beberapa negara di antaranya Mesir, Amerika Serikat, Inggris, dan China. Selain itu, Tisha juga berhasil mendapat program beasiswa FIFA Master yang disponsori FIFA.

  1. Direktur ISC 2016

Setelah lulus dengan Master dari program FIFA, Tisha mendapat kesempatan sebagai Direktur Kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. ISC adalah kompetisi pengganti sepak bola Indonesia sebagai imbas dari pembekuan FIFA pada 2015.

  1. Direktur PT LIB

Setelah menjabat sebagai direktur ISC 2016, Ratu Tisha dipercaya menjadi Direktur Kompetisi dan Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang merupakan operator kompetisi Liga 1 2017, sejak Maret 2017.

  1. Sekjen PSSI

    ratu tisha pernah menjadi sekjen PSSI (Twitter)

Kemudian pada Mei 2017 Tisha terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PSSI di bawah kepengurusan Edy Rahmayadi. Tisha diketahui menggantikan Ade Wllington yang mundur pada April 2017.

  1. Wanita Pertama di Sekjen PSSI

    ratu tisha  Wanita Pertama di PSSI (Twitter)

Jabatan yang diterima Tisha, membuatnya menjadi perempuan pertama yang mengisi posisi Sekjen PSSI.

  1. Wakil Presiden AFF

Setelah menjabat menjadi Sekjen PSSI, Tisha juga dipilih menjadi Wakil Presiden AFF periode 2019-2023. Hal tersebut membuat Tisha mengundurkan diri dari Sekjen PSSI pada April 2020.

  1. Mendatangkan Shin Tae Yong

Salah satu prestasi Tisha sebelum mundur dari Sekjen PSSI adalah mendatangkan pelatih Shin Tae Yong. Tisha dianggap berjasa dalam mendatangkan Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Tisha diketahui sebagai orang yang menghubungi Federasi Sepak Bola Korea (KFA) dalam proses perekrutan Shin Tae Yong yang tidak mudah. Shin Tae Yong kemudian sepakat melatih Indonesia sejak akhir 2019 lalu.

  1. Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Selain itu, Tisha juga mengantar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hingga nama Tisha digaungkan lagi setelah Indonesia menumbangkan Curacao yang kini di peringkat ke-84 ranking FIFA dalam FIFA Matchday.

Selain Profil Ratu Tisha, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi