Profil Erling Haaland, Striker Jangkung Asal Norwegia yang Haus Gol

| 15 Mar 2023 17:05
Profil Erling Haaland, Striker Jangkung Asal Norwegia yang Haus Gol
Profil Erling Haaland. (Twitter/@idextratime)

ERA.id - Striker Erling Haaland mencetak lima gol saat Manchester City mengalahkan RB Leipzig di Etihad Stadium. Hal tersebut membuat banyak netizen penasaran dan mencari profil Erling Haaland dan beberapa fakta menarik tentangnya.

Rekor gol yang dicetak Haaland tersebut terjadi pada leg pertama pertandingan babak 16 besar dan City hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk melesat menjadi unggul agregat 4-1 di kandang sendiri.

Profil Erling Haaland

  1. Biodata Erling Haaland

Nama lengkap: Erling Braut Haaland

Julukan: Haaland, The Man Child

Profesi: Pesepakbola

Tanggal Lahir & Usia:  21 Juli 2000 (22 tahun)

Tempat Lahir: Leeds, Inggris

Agama yang dianut: Kristen

Status Perkawinan: Belum menikah

Kota & Negara Asal: Leeds, Inggris

Tinggi badan: 194 cm

Haaland merupakan anak dari pasangan Alf-Inge Haaland dan Gry Marita. Pemain ini memiliki dua saudara laki-laki. Ayah Haaland merupakan mantan pemain Manchester City dan merupakan agen dari penyerang asal Norwegia tersebut.

Haaland memiliki ketertarikan yang besar terhadap sepak bola dibandingkan dengan sekolahkan. Dengan fokus yang tinggi pada sepak bola, Haaland pada mulanya terdaftar di klub sepak bola lokal bernama Bryne.

  1. Disandingkan dengan Messi dan Ronaldo

    Haaland sering disandingkan dengan Messi dan Ronaldo (Twitter)

Haaland kini bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Primer Inggris, Manchester City dan merupakan pemain dari tim nasional Norwegia.

Menariknya, Haaland juga dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dan dikenal karena kecepatan, kekuatan, dan penyelesaiannya.

  1. Awal Karir Haaland

Sebelum bergabung dengan Borussia Dortmund, ia bermain untuk berbagai klub sepak bola profesional, seperti Bryne FK, Molde FK, dan Red Bull Salzburg. Sebelumnya Haaland memulai karir profesionalnya bersama klub sepak bola profesional Norwegia yang bernama Bryne FK, pada usia 16 tahun.

Pada tanggal 5 September 2019, Haaland memulai debut karir internasionalnya untuk tim nasional sepak bola Norwegia dalam kompetisi pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2020 melawan Malta.

Haaland dikenal karena kemampuan atletisnya, gerakannya yang tepat, dan kecepatannya. Dengan semua kelebihannya, Haaland dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia seperti halnya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

  1. Kehidupan pribadi

    Haaland tertutup dengan kehidupan pribadinya (Twitter)

Dilansir dari football arroyo, Haaland masih berstatus lajang tidak terlalu mengekspos tentang kehidupan pribadinya. Haaland juga berusaha keras untuk tetap berada di luar jangkauan publik.

  1. Gaji Kekayaan Bersih Haaland

Erling Haaland diketahui mendapatkan £132.000 per minggu, £6.864.000 per tahun (saat bermain untuk Borussia Dortmund). Selain itu, Haaland juga tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar $12 juta atau sekitar Rp184 miliar.

  1. Karir Internasional Haaland

Haaland dimasukkan oleh manajer Lars Lagerbäck ke dalam tim senior Norwegia pada 28 Agustus 2019, untuk menghadapi Malta dan Swedia dalam pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2020.

Kemudian Haaland memulai debut di tim senior pada 5 September 2019, saat menghadapi Malta. Pada 4 September 2020, Haaland mencetak gol internasional pertamanya untuk Norwegia (dalam kekalahan 1-2 melawan Austria di UEFA Nations League B 2020-21).

Lalu pada 7 September 2020, Haaland mencetak dua gol dalam kemenangan 5-1 Norwegia melawan Irlandia Utara. Pada 11 Oktober, Haaland mencetak hat-trick internasional pertamanya dalam kemenangan 4-0 Norwegia atas Rumania (dalam pertandingan Nations League B)

Gol-gol yang dicetak Haaland tersebut menambah jumlah golnya untuk tim senior Norwegia menjadi enam gol dalam enam pertandingan yang dimainkannya.

Sementara itu, selama jeda internasional September 2021, Haaland mencetak lima gol dalam tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Gol tersebut termasuk hat-trick kedua untuk Norwegia dalam kemenangan 5-1 atas Gibraltar.

Selain profil Erling Haaland, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi