Profl Indra Sjafri Pelatih Timnas Indonesia yang Sukses Persembahkan Medali Emas SEA Games 2023

| 17 May 2023 16:04
Profl Indra Sjafri Pelatih Timnas Indonesia yang Sukses Persembahkan Medali Emas SEA Games 2023
Profil Indra Sjafri (dok. PSSI)

ERA.id - Indra Sjafri sukses membawa Timnas sepak bola Indonesia meraih medali emas dalam ajang SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja. Gelar juara tingkat Asia Tenggara tersebut tentu saja menjadi pencapaian membanggakan bagi Indra Sjafri. Profil Indra Sjafri dan riwayat kariernya di dunia sepak bola pun membuat banyak orang penasaran. 

Timnas Indonesia, dibawah asuhan Indra Sjafri, berhasil menumbangkan Thailand dalam laga final yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5) malam. Garuda muda berhasil mengalah timnas negara gajah putih dengan skor 5-2 yang berlangsung hingga babak extra time. 

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi catatan baru bagi Indonesia karena bisa kembali meraih medali emas di SEA Games setelah puasa gelar selama 32 tahun. Sosok Indra Sjafri perlu diapresiasi atas penampilan gemilang para pemain muda Indonesia. Lantas seperti apa profil Indra Sjafri?

Indra Sjafri (foto Antara)

Profil Indra Sjafri

Indra Sjafri lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada 2 Februari 1963. Indra Sjafri telah menggeluti dunia sepak bola sejak lama. Sebelum berkarier sebagai pelatih, ia pernah menjadi pemain di lapangan hijau. 

Riwayat Karier Indra Sjafri

Indra Sjafri pernah bergabung menjadi pemain PSP Padang pada medio 1980-an. Tak hanya beraksi di lapangan, Indra Sjafri juga pernah menahkodai klub asal ibukota Provinsi Sumatera Barat tersebut. Ia mulai berkecimpung sebagai pelatih mulai tahun 1997 sampai sekarang. 

Nama Indra Sjafri mulai dikenal saat dirinya menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 yang akan berlaga di babak penyisihan Piala Asia U16 di Thailand. Sayangnya perjuangan Indra Sjafri dan anak asuhnya  masih belum berhasil membawa pulang gelar juara. 

Pada tahun 2012, Indra Sjafri sukses mempersembahkan gelar juara saat melatih Timnas U-17. Ia berhasil membawa garuda muda memenangkan turnamen Hongkong International Youth Football. Setahun kemudian, Indra Sjafri sukses mendampingi Indonesia meraih piala AFF U-19. 

Demikianlah profil Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia yang berhasil membawa tim asuhnya menyabet medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Nama Indra Sjafri bukanlah sosok baru di dunia sepak bola tanah air. Di bawah komando Indra Sjafri, garuda muda sukses memenuhi target PSSI dan pemerintah untuk meraih medali emas sepak bola. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi