Indonesia Siap Menjamu Argentina, Apa Saja Barang yang Dilarang Dibawa ke GBK?

| 19 Jun 2023 16:05
Indonesia Siap Menjamu Argentina, Apa Saja Barang yang Dilarang Dibawa ke GBK?
Stadion Utama GBK (situs resmi Setneg RI)

ERA.id - Hari ini timnas Indonesia menghadapi timnas Argentina dalam laga uji coba FIFA Matchday. Laga yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) ini akan dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB.

Sebanyak 60.000 tiket untuk umum ludes terjual. Ini menunjukkan bahwa animo masyarakat terhadap pertandingan Indonesia vs Argentina sangatlah besar. Terkait hal tersebut, perlu diingat bahwa ada beberapa barang yang dilarang dibawa ke GBK.

Barang yang Dilarang Dibawa ke GBK

Berdasarkan aturan yang diterapkan dalam Piala AFF 2022, ada beberapa jenis barang yang tidak boleh dibawa masuk ke Stadion GBK. Aturan larangan membawa barang tertentu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI yang saat itu menjabat, Mochamad Iriawan. Beberapa jenis barang yang tidak boleh dibawa adalah tas yang terlau besar, senjata tajam, narkoba, rokok konvensional, rokok elektrik, suar, dan botol minuman kemasan.

"Jangan membawa tas yang terlalu besar, suar, rokok konvensional maupun rokok elektrik. Lebih baik itu ditinggalkan dahulu dan membawa barang-barang secukupnya saja, karena nanti akan dilakukan pengecekan secara ketat," terang Iriawan di Stadion GBK, Kamis (23/12/2022).

"Minuman dalam kemasan botol pun tidak boleh dibawa masuk dan akan dipindahkan ke wadah plastik. Mari kita sepakati bersama sehingga sukses penyelenggaraan ini menjadi kesuksesan kita," lanjut pria yang kerap disapa Iwan Bule itu.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi mengenai barang apa saja yang dilarang dibawa ke GBK dalam laga Indonesia vs Argentina. Namun, aturan larangan yang disampaikan oleh Iwan Bule pada Piala AFF 2022 bisa menjadi perhatian.

Larangan membawa barang-barang tertentu ke stadion GBK diberlakukan agar pertandingan sepak bola bisa berjalan dengan lancar, nyaman, dan aman. Dirahapkan semua pihak bersikap bijak terkait hal tersebut.

Pertandingan Indonesia vs Argentina di GBK

Dalam laga nanti malam, Negeri Tango tidak membawa beberapa pilar utama, seperti Lionel Messi, Angel Di Maria, Nicolas Otamendi, dan Lautaro Martinez. Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, akan melakukan rotasi dengan memberikan kesempatan kepada para pemain yang sebelumnya jarang bermain.

Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 (Reuters)

Namun, meski tanpa beberapa nama besar tadi, Argentina tetaplah peringkat satu FIFA dan juara dunia. Bintang-bintang Argentina lain tetap berbahaya bagi tim lawan.

Diperkirakan, beberapa nama besar akan diturunkan untuk menghadapi Asnawi dkk., seperti Enzo Fernandez, Cristian Romero, Alexis Mac Allister, Rodrigo De Paul, Emiliano Martinez, dan Julian Alvarez. Tanpa kehadiran Pemain Terbaik Dunia pun, Argentina tetaplah mengerikan.

Terkait hal tersebut, timnas Indonesia siap menurunkan skuad terbaik. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa dia dan anak-anak asuhnya fokus ke pertandingan. Dia menilai, absennya Messi tidak akan membuat tim Argentina menjadi tidak bagus. Argentina tetap kuat meski si mega bintang tidak hadir.

"Jadi kami pastinya fokus ke pertandingan, bukan hiburan. Apalagi ini Argentina, tidak hanya mengandalkan Messi. Namanya tim nomor satu, pasti semua pemain Argentina memang bagus dalam bermain. Jadi permainan sepak bola memang tidak ditentukan satu pemain saja, hal itu tak akan bisa membuat tim jadi juara dunia," terang Tae-yong dalam konferensi pers, Minggu, (18/6/2023), seperti dikutip Era.id.

Rekomendasi