Berbagai Tips Olahraga di Daerah Polusi untuk Tetap Sehat

| 13 Aug 2023 10:05
Berbagai Tips Olahraga di Daerah Polusi untuk Tetap Sehat
Ilustrasi olahraga outdoor (pexels)

ERA.id - Sebagian daerah di Indonesia memiliki tingkat polusi yang tinggi, terutama DKI Jakarta. Hal tersebut membuat masyarakat ragu untuk berolahraga karena harus keluar rumah dan menghirup udara tercemar. Tips olahraga outdoor di daerah polusi perlu dicoba agar tubuh tetap sehat tanpa tercemar polutan.

Efek Olahraga di Udara Tercemar

Aktivitas aerobik termasuk salah satu hal penting untuk hidup sehat, tetapi olahraga dan polusi udara malah bisa menjadi kombinasi yang tidak menyehatkan. Bagi orang sehat saja, hal tersebut bisa berakibat buruk, apalagi penderita asma, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan jantung.

Dilansir Telegraph, hasil penelitian tim peneliti Imperial College London menunjukkan bahwa polusi udara di perkotaan jadi penghalang efek positif olahraga bagi paru-paru dan jantung—yang seharusnya diperoleh dari olahraga. Selain itu, bisa saja hal tersebut memicu efek samping yang tidak baik.

Dikutip Era.id dari Mayo Clinic, ada sejumlah gangguan kesehatan yang dikaitkan dengan polusi udara, seperti iritasi mata, hidung, dan tenggorokan; sakit kepala; kerusakan saluran pernapasan; peningkatan risiko asma; asma atau penyakit paru-paru yang lain; peningkatan risiko serangan jantung dan stroke; peningkatan risiko kematian akibat kanker paru dan penyakit kardiovaskular.

Tips Olahraga Outdoor di Daerah Polusi

·         Pilih lokasi yang tepat

Anda perlu memilih lokasi olahraga yang tepat. Salah satu daerah yang bisa menjadi lokasi olahraga outdoor adalah sekitar taman kota yang cukup besar. Olahraga di daerah tersebut memungkinkan Anda mendapatkan pasokan oksigen ekstra dari pepohonan.

·         Pilih waktu yang tepat

Ilustrasi olahraga outdoor malam hari (pexels)

Olahraga malam sebenarnya kurang disarankan. Namun, Anda bisa memilih olahraga pada pagi buta atau malam karena dua waktu tersebut biasanya memiliki tingkat polusi yang cukup rendah dibandingkan waktu lain. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan udara yang lebih bersih saat olahraga di luar ruangan.

·         Masker khusus olahraga

Secara umum, kebutuhan oksigen saat olahraga mengalami peningkatan. Itulah sebabnya Anda bisa menghadapi risiko yang besar saat olahraga di udara tercemar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan masker khusus olahraga (training mask) saat ingin berolahraga di luar ruangan.

Jika menggunakan masker biasa, Anda berisiko mengalami sesak pernapasan sehingga aktivitas olahraga menjadi kurang maksimal. Tubuh yang kekurangan oksigen akan terasa lemas dan menurunkan kesadaran (rawan pingsan).

Hal tersebut tidak terjadi saat Anda menggunakan masker khusus olahraga. Masker ini mampu membantu Anda bernapas dengan baik tanpa membiarkan banyak polutan masuk ke saluran pernapasan. Ada beberapa jenis masker khusus olahraga, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan olahraga yang akan dilakukan.

·         Variasi dengan olahraga indoor

Dalam kondisi udara yang penuh polusi, ada baiknya Anda tidak memaksakan diri melakukan olahraga outdoor secara penuh. Anda bisa memadukan porsi olahraga dengan olahraga indoor. Beberapa jenis olahraga indoor yang bisa Anda lakukan adalah angkat beban (gym), pilates, dan yoga. 

Rekomendasi