Sirkuit Mandalika Lolos Grade A Homologasi FIM, Begini Maksudnya

| 13 Oct 2023 15:05
Sirkuit Mandalika Lolos Grade A Homologasi FIM, Begini Maksudnya
Sirkuit Mandalika jelang MotoGP 2023 (Antaranews)

ERA.id - Federation Internationale de Motocycle (FIM) dan Dorna Sports menyebutkan bahwa Sirkuit Mandalika International Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah dinyatakan lolos proses homologasi dengan grade A. Apa artinya?

Dengan kata lain, Sirkuit Mandalika dinyatakan layak menyelenggarakan ajang balap motor, MotoGP 2023 yang dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober ini.

Lolos Homologasi Grade A Setelah FIM Beri Pendampingan

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyebutkan homologasi Grade A ini didapatkan setelah FIM memberikan pendampingan untuk Dorna, MotoGP, MGPA, Race Director, dan pihak-pihak lainnya melakukan inspeksi ke lintasan Sirkuit Mandalika pada, Kamis sore (12/10).

"Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM. Ini berarti Pertamina Mandalika International Circuit sudah layak untuk dijadikan tempat pagelaran ajang pertamina Grand-Prix of Indonesia pada 13-Oktober 2023," kata Priandhi dalam keterangan persnya di Mataram.

Lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (Antara)

Apa Itu Homologasi?

Homologasi merupakan proses penilaian yang dilakukan FIM terhadap aspek-aspek penyelenggaraan balapan di Sirkuit Mandalika. Aspek itu meliputi lintasan, run-off (area di luar lintasan untuk keselamatan), pagar pembatas, dan juga kesehatan.

Menurut Priandhi, grade A adalah tingkat tertinggi yang dimiliki FIM. Keberhasilan lolos homologasi grade A tentunya tidak lepas dari beberapa peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) bersama MGPA sesuai panduan FIM.

Priandhi mengatakan, keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut, tidak lepas dari beberapa peningkatan fasilitas yang dilakukan secara berkesinambungan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama MGPA dalam memenuhi persyaratan penilaian homologasi seperti panduan FIM.

Sebelumnya, Priandhi mengatakan bahwa sejumlah pembalap MotoGP Mandalika juga mengakui, saat ini kualitas keseluruhan sirkuit Mandalika jauh lebih meningkat.

"Kemarin sore saya keliling sirkuit dan ketemu beberapa pembalap yang menyempatkan diri keliling sirkuit, mereka sendiri menyatakan kondisi sirkuit tahun ini jauh lebih bagus, baik dari sisi permukaan maupun kebersihan, estetika. Overall di paddock juga lebih bagus," kata Priandhi.

Bahkan, FIM juga menyebutkan bahwa sirkuit Mandalika yang usianya baru satu tahun ini sudah mempunyai kualitas yang baik, salah satunya tenaga marshal lokal.

"Yang membuat saya terharu adalah pernyataan FIM, untuk sebuah sirkuit yang umurnya baru satu tahun bisa menghasilkan marshal lokal dengan kualitas yang baik, saya bangga bisa memberikan ilmu kepada teman-teman di NTB," ujar Priandhi.

Priandhi juga mengatakan, dari total 400 marshal yang akan bertugas pada MotoGP 2023, ini seluruhnya termasuk tenaga lokal yang berasal dari NTB.

Jadwal MotoGP Mandalika 2023

Jumat, 13 Oktober

1. Free Practice 1 MotoGP: 09.45 - 10.30 WIB

2. Practice MotoGP: 14.00 - 15.00 WIB

Sabtu, 14 Oktober

1. Free Practice 2 MotoGP: 09.10 - 09.40 WIB

2. Qualifying 1 MotoGP: 09.50 - 10.05 WIB

3. Qualifying 2 MotoGP: 10.15 - 10.30 WIB

4. Sprint Race MotoGP(13 lap): 14.00 - 14.45 WIB

Minggu, 15 Oktober

1. Warm Up MotoGP: 09.40 - 09.50 WIB

2. Race Moto3 (20 lap): 11.00 - 11.35 WIB

3. Race Moto2 (22 lap): 12.15 - 12.55 WIB

4. Race MotoGP (27 lap): 14.00 - 14.50 WIB.

Demikianlah ulasan tentang Sirkuit Mandalika lolos grade A homologasi FIM. Anda siap menyaksikan?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi