Negara yang Sudah Lolos Euro 2024, Mana Tim Favorit Kalian?

| 17 Oct 2023 07:05
Negara yang Sudah Lolos Euro 2024, Mana Tim Favorit Kalian?
Negara yang Sudah Lolos Euro 2024 (Wikimedia)

ERA.idEuro 2024 akan segera dihelat dan sangat dinantikan bagi para penggemar sepakbola di seluruh Eropa. Lantas mana saja negara yang sudah lolos Euro 2024?

Dalam artikel ini, kita akan mengulas negara-negara yang telah mengamankan tempat mereka di UEFA Euro 2024 dan apa yang dapat diharapkan dari mereka dalam persaingan mendatang.

Euro 2024 Dimana?

UEFA 2024 yang ke 17  akan diselenggarakan mulai 14 Juni hingga 14 Juli 2024 di Jerman. Sepuluh kota akan menjadi tuan rumah, mereka akan  memperebutkan trofi paling bergengsi dalam kompetisi sepak bola Eropa.

Sebagai tuan rumah, Jerman secara otomatis lolos ke babak utama EURO 2024. Dua puluh tiga tempat tersisa akan ditentukan melalui turnamen kualifikasi dan babak play-off.

Sementara itu, pemenang dan runner-up dari 10 grup kualifikasi akan mengisi 20 tempat, sementara tiga tempat terakhir akan ditentukan melalui babak play-off pada Maret 2024.

Dua belas tim dalam babak play-off akan dipilih berdasarkan performa mereka dalam Liga Negara 2022/23.

Euro 2024 Dimana (Unsplash)

Jerman jadi Tuan Rumah

UEFA EURO 2024 akan diselenggarakan di 10 kota di Jerman, dan tuan rumah berharap untuk memecahkan rekor Spanyol sebagai tim dengan gelar terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa (tiga kali juara).

Perlu diketahui, Jerman terakhir kali menjadi tuan rumah tunggal pada tahun 1988 (di Jerman Barat saat itu), meskipun empat pertandingan juga dimainkan di sana pada EURO 2020.

Pada tahun 2020 Italia memenangkan turnamen tetapi belum dapat sepenuhnya percaya diri kembali di tahun depan. Hal tersebut karena Inggris menjadi pemimpin grup dan Ukraina serta Makedonia Utara juga tampil baik pada beberapa kesempatan.

Selain Jerman, terdapat beberapa negara Eropa yang akan tampil di antaranya Belgia, Portugal, Spanyol, Skotlandia, Turki, dan Prancis. Lantas negara mana lagi yang dapat bergabung dengan Jerman dalam satu minggu kedepan?

Kualifikasi Euro 2024

Dari 53 tim yang bersaing untuk kualifikasi, 23 tim akan bermain di babak final bersama Jerman. Tim-tim ini dibagi menjadi 10 grup: tujuh grup terdiri dari lima tim dan tiga grup terdiri dari enam tim.

Dua tim terbaik dari setiap grup akan lolos, sehingga membentuk 20 tempat. Tiga tempat tersisa akan diberikan kepada pemenang pertandingan play-off, yang akan diadakan antara tim-tim yang tampil terbaik dalam Liga Negara UEFA 2022-2023.

Pemenang grup dari Liga A, B, dan C dalam Liga Negara akan diberikan tempat play-off - jika mereka belum berhasil lolos ke Euro 2024. Namun jika mereka sudah lolos, tim terbaik berikutnya dalam grup Liga Negara mereka akan mencapai babak play-off. Namun jika tim-tim tersebut juga sudah berhasil lolos, maka tempat akan diberikan kepada liga berikutnya, dimulai dari Liga D.

Daftar Negara yang Sudah Lolos Euro 2024

●        Jerman (tuan rumah)

●        Prancis (Grup B)

●        Belgia (Grup F)

●        Portugal (Grup J)

●        Spanyol (Grup A)

●        Skotlandia (Grup A)

●        Turki (Grup D)

Selain Negara yang Sudah Lolos Euro 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi