Diusir dari Turki Usai Selebrasi Singgung Situasi Gaza, Pemain Sepak Bola Israel Beri Pembelaan: Saya Tidak Menghasut dan Provokasi

| 16 Jan 2024 18:35
Diusir dari Turki Usai Selebrasi Singgung Situasi Gaza, Pemain Sepak Bola Israel Beri Pembelaan: Saya Tidak Menghasut dan Provokasi
Sagiv Jehezkel (Dok: Istimewa)

ERA.id - Pemain sepak bola Israel Sagiv Jehezkel meninggalkan Turki pada hari Senin, (15/1/2024) waktu setempat usai selebrasi golnya dinilai menyinggung konflik di Gaza. Sagiv pun membantah dirinya mengejek situasi tersebut.

"Saya tidak bertindak untuk menghasut atau memprovokasi siapa pun. Saya bukan orang yang pro perang," kata Jehezkel, dikutip Reuters, Selasa (16/1/2024).

Lalu, kata Sagiv, tulisan 100 hari fi lengannya itu menandakan seruan agar konflik segera berakhir. Hal ini yang menjadi alasannya menulis tanda tersebut di lengan tangannya.

"Ada tentara Israel yang disandera di Gaza. Saya adalah seseorang yang percaya bahwa periode 100 hari ini harus berakhir sekarang. Saya ingin perang berakhir. Itu sebabnya saya menunjukkan pesan itu di sini," imbuhnya.

Sementara itu, pemerintah Turki mengatakan Sagiv Jehezkel meninggalkan negaranya pada pukul 17.15 waktu setempat. Dia pergi dari Turki setelah diinterogasi oleh polisi atas pesan yang dia tampilkan di pergelangan tangannya selama pertandingan yang menyinggung 100 hari sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

"Sagiv Jehezkel, pesepakbola Israel di Antalyaspor, meninggalkan negara kami pada pukul 17.15 (14.15 GMT)," kata Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya di platform media sosial X.

Polisi Turki telah menahan Jehezkel semalaman dan membebaskannya pada hari Senin.

Menteri Kehakiman Yilmaz Tunc mengatakan jaksa sedang menyelidiki Jehezkel atas tuduhan "menghasut orang untuk membenci dan bermusuhan" karena memperlihatkan catatan yang tertulis di pergelangan tangannya yang diperban bertuliskan "100 hari, 7.10", di samping lambang bintang dari bendera Israel.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan pihak berwenang Turki membebaskan Jehezkel dari tahanan polisi dan bahwa dia akan kembali ke Israel pada hari Senin, dan menteri pertahanannya mengecam penahanan tersebut, menuduh Turki bertindak seperti tangan Hamas.

Tim sepak bola Turki selatan Jehezkel, Antalyaspor, juga mengatakan dia telah dibebaskan dan sebuah jet pribadi akan membawanya dan keluarganya kembali ke Israel, dan bahwa dia dikeluarkan dari tim karena "bertindak bertentangan dengan nilai-nilai nasional."

Pemain bola berusia 28 tahun itu mengangkat tangannya tinggi-tinggi untuk menyampaikan pesan tersebut setelah mencetak gol untuk Antalyaspor melawan Trabzonspor di Super Lig Turki pada hari Minggu.

Jaksa Antalya meluncurkan penyelidikan terhadap Jehezkel "karena sikap buruknya yang mendukung pembantaian Israel di Gaza setelah mencetak gol," kata Tunc di platform media sosial X.

Secara terpisah, klub Istanbul Basaksehir mengatakan akan mengambil tindakan disipliner terhadap gelandang Israel Eden Kartsev karena merugikan “nilai-nilai sensitif” di Turki. Kartsev juga ditahan sebentar pada hari Senin karena sebuah postingan di media sosial.

Militan dari kelompok Islam Palestina yang berkuasa di Gaza, Hamas, menyerbu komunitas Israel dalam serangan lintas perbatasan yang mengejutkan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang menurut pejabat Israel.

Perang berikutnya mencapai 100 hari pada hari Minggu, dengan tank dan pesawat Israel menyerang sasaran di Gaza selatan dan tengah di tengah baku tembak sengit di beberapa daerah. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Senin bahwa 24.100 warga Palestina telah tewas dan hampir 61.000 lainnya terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober.

Setelah penahanan Jehezkel, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menuduh Turki bertindak sebagai "tangan eksekutif de facto Hamas".

Dalam postingannya di X, Gallant mengingatkan Turki akan bantuan cepat yang diberikan Israel setelah gempa bumi tahun lalu dan menyebut perlakuan yang diterima Jehezkel sebagai "perwujudan kemunafikan dan rasa tidak berterima kasih".

Juru bicara Antalyaspor, Murat Ozgen, mengatakan klub sedang menunggu proses pengadilan sebelum memutus kontrak sang pemain.

“Saya menyaksikan dengan sedih dan terkejut bahwa Sagiv Jehezkel bertindak bertentangan dengan sensitivitas Antalya, Antalyaspor, dan negara kami,” kata Ketua klub Sinan Boztepe di X.

Rekomendasi