Indonesia Dominasi Pertandingan Vs Korea Selatan, dari Penguasaan Bola hingga Tendangan ke Gawang

| 26 Apr 2024 11:30
Indonesia Dominasi Pertandingan Vs Korea Selatan, dari Penguasaan Bola hingga Tendangan ke Gawang
Garuda Muda merayakan kemenangan atas Korea Selatan. (Dok. PSSI)

ERA.id - Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 berhasil menaklukkan Korea Selatan dalam laga perempat final Piala AFC U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari waktu Indonesia. Dalam pertandingan panas itu, Indonesia tercatat berhasil mendominasi Korea Selatan.

Berdasarkan data AFC, secara statistik Indonesia unggul dalam penguasaan bola, yakni 53 persen berbanding 47 persen. Total tembakan Indonesia sejumlah 21 pun jauh melampaui Korea Selatan yang "hanya" 8. Dari jumlah itu, tembakan tepat sasaran Indonesia sebanyak 5, sedangkan Korea Selatan 2.

Akurasi umpan tim asuhan Shin Tae-yong pun unggul di angka 81,6 persen, sedangkan Korsel 79,9 persen. Indonesia hanya kalah di jumlah umpan silang, intersep, dan sapuan.

Pertandingan itu sempat berjalan seri dengan skor 2-2 hingga babak tambahan yang berujung drama adu penalti mendebarkan.

Indonesia sebelumnya sempat unggul dua kali berkat dwigol Rafael Struick (15', 45+3'). Namun, Korea Selatan mampu membalasnya berkat gol bunuh diri Komang Teguh (45') dan gol Jeong Sang-bin (84').

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong lalu menggenggam kemenangan setelah tendangan Pratama Arhan menjebol gawang kiper Jong-beom dan mengamankan skor akhir 11-10.

Kiper Indonesia Ernando Ari tampil gemilang dengan menorehkan satu gol dalam adu penalti dan menangkis dua tendangan lawan dari Kang Sang Yoon dan Lee Kang Hee.

Kemenangan atas Korea Selatan ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah timnas Indonesia U-23. Sebelumnya, Korea Selatan U-23 selalu mendominasi pertandingan dan Indonesia harus menelan kekalahan sepanjang tujuh pertemuan terakhir. Pada Kualifikasi Olimpiade 2000 di Seoul, Korea Selatan, Indonesia dibantai habis 7-0.

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Sebab, juara 1, 2, dan 3 pada ajang kali ini otomatis lolos ke Olimpiade. Sementara peringkat empat akan bertanding lewat babak playoff untuk mendapatkan satu tiket ke sana.

Lawan Indonesia selanjutnya antara Arab Saudi atau Uzbekistan.

Rekomendasi