Shin Tae-yong Bahagia Sekaligus Sedih Bisa Bawa Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

| 26 Apr 2024 09:30
Shin Tae-yong Bahagia Sekaligus Sedih Bisa Bawa Indonesia Menang Lawan Korea Selatan
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

ERA.id - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong mengaku perasaannya campur aduk setelah laga perempat final Piala AFC U-23 antara Indonesia vs Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024) dini hari waktu Indonesia yang dimenangkan oleh tim asuhannya.

Pelatih asal Korea Selatan itu harus menghadapi negaranya sendiri dalam laga intens yang berakhir dengan adu penalti. Ia mengaku bahagia sekaligus sedih dengan kemenangan timnas Indonesia dan kekalahan timnas Korea Selatan.

"Di satu sisi saya bahagia, tapi di sisi lain sedih. Dalam pertandingan, hanya ada satu pemenang, dan saya saat ini adalah pelatih timnas Indonesia," ujarnya saat konferensi pers.

"Saya melakukan yang terbaik sebagai pelatih sepak bola Indonesia, saya berterima kasih kepada semua yang berkontribusi di PSSI dan semua pendukung timnas Indonesia yang bergadang mendukung sampai larut malam," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semi final Piala Asia U23 2024 di Qatar usai membekuk Korea Selatan. 

Pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa yang berjalan seri dengan skor 2-2 hingga babak tambahan itu berujung drama adu penalti mendebarkan.

Indonesia sebelumnya sempat unggul dua kali berkat dwigol Rafael Struick (15', 45+3'). Namun, Korea Selatan mampu membalasnya berkat gol bunuh diri Komang Teguh (45') dan gol Jeong Sang-bin (84').

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong lalu menggenggam kemenangan setelah tendangan Pratama Arhan menjebol gawang kiper Jong-beom dan mengamankan skor akhir 11-10.

Kiper Indonesia Ernando Ari tampil gemilang dengan menorehkan satu gol dalam adu penalti dan menangkis dua tendangan lawan dari Kang Sang Yoon dan Lee Kang Hee.

Kemenangan atas Korea Selatan ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah timnas Indonesia U-23. Sebelumnya, Korea Selatan U-23 selalu mendominasi pertandingan dan Indonesia harus menelan kekalahan sepanjang tujuh pertemuan terakhir. Pada Kualifikasi Olimpiade 2000 di Seoul, Korea Selatan, Indonesia dibantai habis 7-0.

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Sebab, juara 1, 2, dan 3 pada ajang kali ini otomatis lolos ke Olimpiade. Sementara peringkat empat akan bertanding lewat babak playoff untuk mendapatkan satu tiket ke sana.

Lawan Indonesia selanjutnya antara Arab Saudi atau Uzbekistan.

Rekomendasi