Ketua PSSI Kunjungi Ruang Ganti Timnas U-23, Garuda Muda Yakin Capai Final Piala AFC

| 26 Apr 2024 12:15
Ketua PSSI Kunjungi Ruang Ganti Timnas U-23, Garuda Muda Yakin Capai Final Piala AFC
Ketua PSSI Erick Thohir menyalami pemain timnas Indonesia U-23 di ruang ganti usai mengalahkan Korea Selatan di perempat final Piala AFC U23 2024. (Dok. PSSI)

ERA.id - Ketua PSSI Erick Thohir menyambangi ruang ganti timnas Indonesia U-23 usai mereka mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10 lewat adu penalti. Saat menyambut kedatangan Erick, para pemain timnas menunjukkan keyakinan bakal lolos hingga final Piala AFC U23 2024.

Dari video yang diunggah Erick lewat Instagramnya, ia tampak bertanya kepada para pemain timnas. "Capek?"

Mereka lalu menjawab serentak. "Enggak!"

Erick lalu berseloroh, "Satu kali (pertandingan) lagi (lolos Olimpiade Paris 2024)."

Namun, skuad Garuda Muda menjawab pernyataan Erick dengan lebih optimistis. "Dua lagi! Dua kali lagi!"

Erick lalu menunjukkan gestur bangga terhadap keyakinan dan mental timnas Indonesia U-23. Ia pun menyalami pelatih Shin Tae-yong.

"Satu game lagi, sudah kunci ke Olimpiade," ujar Erick. "Kalau dua game, kita juaranya! Ayo!"

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu kemudian menyalami satu per satu para pemain di ruang ganti.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke semi final Piala AFC U23 2024 di Qatar usai membekuk Korea Selatan. 

Pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa yang berjalan seri dengan skor 2-2 hingga babak tambahan itu berujung drama adu penalti mendebarkan.

Indonesia sebelumnya sempat unggul dua kali berkat dwigol Rafael Struick (15', 45+3'). Namun, Korea Selatan mampu membalasnya berkat gol bunuh diri Komang Teguh (45') dan gol Jeong Sang-bin (84').

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong lalu menggenggam kemenangan setelah tendangan Pratama Arhan menjebol gawang kiper Jong-beom dan mengamankan skor akhir 11-10.

Kiper Indonesia Ernando Ari tampil gemilang dengan menorehkan satu gol dalam adu penalti dan menangkis dua tendangan lawan dari Kang Sang Yoon dan Lee Kang Hee.

Kemenangan atas Korea Selatan ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah timnas Indonesia U-23. Sebelumnya, Korea Selatan U-23 selalu mendominasi pertandingan dan Indonesia harus menelan kekalahan sepanjang tujuh pertemuan terakhir. Pada Kualifikasi Olimpiade 2000 di Seoul, Korea Selatan, Indonesia dibantai habis 7-0.

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Sebab, juara 1, 2, dan 3 pada ajang kali ini otomatis lolos ke Olimpiade. Sementara peringkat empat akan bertanding lewat babak playoff untuk mendapatkan satu tiket ke sana.

Lawan Indonesia selanjutnya antara Arab Saudi atau Uzbekistan.

Rekomendasi