Profil Ernando Ari, Pahlawan Timnas Indonesia U-23 di Perempatfinal Piala Asia Melawan Korsel

| 27 Apr 2024 22:00
Profil Ernando Ari, Pahlawan Timnas Indonesia U-23 di Perempatfinal Piala Asia Melawan Korsel
Ernando Ari Sutaryadi menggagalkan penalti Australia U-23 (Instagram/@nandoariiiss).

ERA.id -  Nama Ernando Ari disebut sebagai bintang kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Timnas Korea Selatan (Korsel) U-23 di perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Ernando Ari memang layak disebut bintang, bahkan pahlawan Timnas Indonesia karena menjadi salah satu punggawa kemenangan atas Korea Selatan U-23 tadi pagi.

Ernando Ari dielu-elukan sebagai pahlawan karena dua penyelamatannya di babak adu penalti, dan membawa Garuda Muda lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Dua penyelamatan kiper Persebaya Surabaya itu menjadikan Timnas Indonesia U-23 unggul dengan skor 11-10 atas Korea Selatan U-23 di babak adu penalti yang berakhir pada Jumat (26/4/2024) dini hari.

Timnas Indonesia U-23 baru saja memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Kemenangan tersebut tentunya tidak diraih dengan mudah, sebab pasukan Shin Tae-yong harus berjuang selama 120 menit dan adu penalti untuk mendapatkannya.

Timnas Indonesia Sempat Unggul 2-1

Dalam laga yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar tersebut, Timnas Indonesia U-23 yang sempat unggul 2-1 mampu ditahan Korea Selatan U-23 menjadi 2-2 di akhir laga. Babak tambahan pun ditambahkan untuk menentukan pemenang.

Dalam 30 menit waktu tambahan, baik Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan U-23 belum berhasil mencetak gol. Sehingga, babak adu penalti dijadikan sebagai penentu.

Dalam laga penalti tersebut Ernando tampil sebagai pahlawan. Dua penyelamatan ia lakukan saat menepis tendangan penalti Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee.

Selain menepis dua tendangan penalti, Ernando Ari juga ikut mencetak angka. Saat dirinya terjun sebagai penendang kesembilan, Ernando mampu menunaikan tugasnya dengan gemilang.

Berkat kemenangan 11-10 dalam babak adu penalti tersebut, Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke semifinal dan tinggal menunggu lawan, yang masih ditunggu dari pertandingan Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23.

Ernando Ari (Instagram/@nandoariiiss).

Profil Ernando Ari

Ernando lahir di Semarang pada 2 Februari 2002. Dia mengawali karier junior dalam dunia sepakbola bersama Persebaya Surabaya pada tahun 2018.

Sejak tahun 2021, ia menjadi bagian dari tim senior Persebaya Surabaya. Pria yang memiliki tinggi 178 cm itu mengisi posisi kiper.

Dalam Timnas Indonesia, Ernando menjadi bagian dari skuad U-17, U-19, dan U-23. Ia menjadi bagian dari skuad yang membawa Garuda Muda menyabet gelar Sea Games 2023.

Selanjutnya di FIFA Matchday 2023, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengikutsertakan namanya. Bahkan, Ernando diberi kepercayaan untuk menjaga gawang Tim Garuda selama pertandingan melawan Argentina.

Demikianlah ulasan tentang profil Ernando Eri, kiper Timnas Indonesia yang saat ini menjadi sorotan di perempatfinal Piala Asia U-23 2024.

Rekomendasi