Coach Justin Sebut Perkembangan Sepak Bola Indonesia Sangat Dahsyat

| 02 May 2024 11:15
Coach Justin Sebut Perkembangan Sepak Bola Indonesia Sangat Dahsyat
Mantan pelatih tim nasional futsal Indonesia sekaligus pengamat sepak bola Justinus Lhaksana. (Antara/Arnidhya Nur Zhafira)

ERA.id - Justinus Lhaksana yang akrab disapa Coach Justin mengatakan perkembangan sepak bola Indonesia sangat dahsyat dan tak pernah ia saksikan di negara lain. 

"Sepak bola benar-benar dahsyat sekali di Indonesia ini. Sebuah fenomena yang bahkan belum pernah saya lihat di negara lain," ujarnya seperti dikutip dari Instagram @coachjustinl, Kamis (2/5/2024).

Mantan pelatih timnas futsal Indonesia itu mengatakan baru pertama kali melihat prestasi sepak bola Indonesia yang berkembang pesat baik timnas senior maupun U-23.

Seperti diketahui, ranking FIFA Indonesia melesat dari peringkat 142 pada Februari 2024 ke peringkat 134 pada 4 April. Kenaikan tersebut merupakan yang tertinggi di dunia. 

Hal itu tidak terlepas dari kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar pada Maret, yang membuat Garuda mengoleksi 30,04 poin sehingga menjadi 1102,7 poin.

Selain itu, timnas Indonesia U-23 juga mencetak sejarah baru dengan lolos ke Piala Asia U-23 2024. Tidak hanya lolos, Garuda Muda bahkan lolos hingga babak semifinal setelah menumbangkan raksasa Asia seperti Australia dan Korea Selatan.

Meskipun kalah dari Uzbekistan pada semifinal, timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui laga penentu melawan Irak untuk merebut posisi ketiga.

"Kita ini lapar prestasi, selama bertahun-tahun kita tidak berprestasi, bahkan selama 25 tahun saya tinggal di Indonesia, baru sekali ini kita benar-benar berprestasi, tidak hanya timnas senior tapi juga U-23," ujar Coach Justin.

Ia mengatakan masyarakat Indonesia juga menikmati perkembangan sepak bola Indonesia saat ini yang ditunjukkan melalui antusiasme mengikuti acara nonton bareng di berbagai daerah.

Rekomendasi