Weghorst Jadi Senjata Pamungkas Koeman, Belanda Berhasil, Turki Korbannya

| 08 Jul 2024 10:43
Weghorst Jadi Senjata Pamungkas Koeman, Belanda Berhasil, Turki Korbannya
Wout Weghorst

ERA.id - Bek Timnas Belanda, Nathan Ake menyebut striker timnya Wout Weghorst adalah mimpi buruk bagi tim lawan ketika striker 31 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti.

Weghorst terbukti mengubah permainan Oranye saat membalikkan keadaan melawan Turki di Stadion Olimpiade, Berlin.

Pada laga perempat final Euro atau Piala Eropa 2024 Jerman yang digelar Sabtu (6/7) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB itu, Pelatih Belanda Ronald Koeman mengeluarkan senjata rahasianya, Weghorst, pada babak kedua saat tertinggal satu gol dari Turki melalui sundulan Samet Akaydin (35').

Koeman membatasi menit bermain Weghorst di empat pertandingan pertama Belanda di Euro, tetapi pada malam itu ia memberinya 45 menit penuh untuk striker 1,97 meter tersebut.

Masuknya Weghorst menarik perhatian bek Turki yang sebelumnya bermain sangat rapat dan disiplin, sehingga membuat Memphis Depay dapat bergerak bebas.

Penyelamatan kiper Turki Mert Gunok yang menepis sepakan Weghorst menghasilkan tendangan sudut yang kemudian membuat Belanda menyamakan kedudukan melalui sundulan Stefan de Vrij (70').

Ketika bek Turki berusaha keras untuk mematikan Weghorst, Belanda justru kembali mencetak gol enam menit kemudian melalui gol bunuh diri Mert Muldur yang mendapatkan tekanan dari Cody Gakpo yang diawali umpan silang Denzel Dumfries.

“Karena (Weghorst) Anda menciptakan lebih banyak kekacauan di kotak penalti dan mereka harus lebih banyak bertahan, jadi menurut saya Wout banyak membantu,” kata Ake, dikutip dari AFP, Minggu (7/7/2024).

"Dia adalah mimpi buruk untuk dilawan. Dia kuat, menjadi pengganggu di dalam kotak penalti, dan dia berjuang untuk segalanya. Dia menguasai segalanya. Jadi bagi kami dia adalah aset yang hebat," tambahnya.

Koeman mengatakan alasan dirinya memasukkan Weghorst adalah agar timnya mendapatkan banyak umpan silang untuk membongkar pertahanan Turki.

“Maka jelas bagi saya untuk melakukan pergantian pemain ini dengan Wout, dengan Cody di sayap dan Denzel di kanan, kami harus mendapatkan lebih banyak umpan silang dibandingkan di babak pertama," jelas Koeman.

Sementara itu, Gakpo yang memimpin Belanda dengan tiga golnya di Euro 2024 memuji dampak besar yang selalu diberikan Weghorst ketika masuk dari bangku cadangan.

"Ini berbeda (dengan dia masuk)... di pertandingan ini ketika kami ingin bermain lebih oportunistik, maka Anda bisa memasukkan Wout karena dia tinggi, dia bagus di udara, dia berjuang untuk setiap bola yang masuk ke dalam kotak,"kata striker Liverpool itu.

"Mungkin itu kuncinya hari ini. Senang sekali Wout bisa menjadi Wout hari ini. Top," tambahnya.

Di semifinal, Belanda akan berusaha kembali mengukir sejarah tahun 1988 ketika mereka menjadi kampiun Euro di tempat yang sama melawan Inggris di Signal Iduna Park, Dortmund, pada Rabu (10/7) waktu setempat atau Kamis (11/7) pukul 02.00 WIB.

Rekomendasi