Profil Lamine Yamal, Pemain Termuda Terbaik EURO 2024

| 16 Jul 2024 15:12
Profil Lamine Yamal, Pemain Termuda Terbaik EURO 2024
Profil Lamine Yamal. (foto: uefa.com)

ERA.id - Pemain timnas Spanyol, Lamine Yamal dikabarkan memecahkan rekor sebagai pemain termuda terbaik yang unjuk gigi dalam laga sepak bola bergengsi Euro 2024. Mengutip laman resmi UEFA, Yamal pertama kali membela Spanyol saat melawan Kroasia dalam babak penyisihan Grup B Piala Euro 2024, pada Sabtu 15 Juni 2024. Pada laga perdananya tersebut, Yamal waktu itu berusia 16 tahun 338 hari dan berlaga hingga pertandingan final melawan Inggris. Yamal berhasil mengungguli Kacper Kozowski dari Polandia yang melakukan debut kompetisi di Euro 2020 pada berusia 17 tahun 246 hari. Simak profil Lamine Yamal di bawah ini.

Profil Lamine Yamal

Pemuda yang memiliki tinggi badan 178 sentimeter ini sedang membela klub ternama Spanyol, Barcelona dan memilih posisi sebagai sayap kanan. Adapun pada saat ini, ia masih berlaga untuk membela klub kota kelahirannya, FC Barcelona sejak Sabtu (1/6/2023) dan kontraknya akan habis pada Selasa (30/6/2026).

Mengutip laman Transfermarkt, pesepak bola yang memiliki nama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana lahir di Esplugues de Llobregat, Barcelona, Spanyol pada 13 Juli 2007. Pemain berusia 16 tahun tersebut diketahui mempunyai kewarganegaraan ganda, yaitu Spanyol dan Guinea-Ekuatorial.

Yamal bergabung dengan FC Barcelona U-16 pada 2021 dan FC Barcelona U19 pada tahun 2022. Ia juga sudah menjadi penggawa timnas Spanyol U-15 sejak tahun 2022 dan baru resmi menjadi timnas Spanyol pada September 2023.

Saat ini Yamal mempunyai nilai transfer senilai Rp1.564 miliar. Pada Euro 2024, Yamal menggondol sejumlah predikat bergengsi di ajang Euro, antara lain sebagai Pemain Termuda Euro, Pemain Termuda yang Tampil di Babak Sistem Gugur, Pemain Termuda yang Mencetak Gol sepanjang sejarah Euro, dan Pemain Termuda yang Tampil di Final.

Lamine Yamal dan Kylian Mbappe (Istimewa).

Fakta lain Lamine Yamal: pernah berpose dimandikan Messi

Ada fakta menarik dari Yamal, dirinya pernah berpose bersama dengan pesepak bola legendaris dunia, Lionel Messi. Yamal kecil pernah diabadikan dalam satu frame bersama Messi untuk sesi pemotretan foto kalender.

Dalam foto tersebut, terlihat Yamal yang masih bayi sedang dimandikan oleh Messi yang pada waktu itu masih berumur 20 tahun. Foto legendaris tersebut menjadi populer saat ayah Yamal, Mounir Nasraoui, mengunggah foto anaknya dan Messi di akun Instagram miliknya. Nasraoui mengunggah foto tersebut dan diunggah dengan keterangan bertuliskan “awal dari dua legenda.”

Adapun foto tersebut dipotret oleh seorang fotografer lepas untuk Associated Press, Joan Monfort pada tahun 2007. Pada saat itu, organisasi di bidang Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNICEF menyelenggarakan undian dengan hadiah berfoto di markas FC Barcelona, Camp Nou bersama pemain Barca. Orang tua Yamal pada saat itu ditakdirkan memenangkan undian tersebut dan akhirnya penggawa timnas Spanyol yang dulu masih kecil sempat berpose dengan Messi.

Bertahun-tahun selanjutnya, Yamal pun mengikuti jejak legenda Messi. Ia memilih bergabung dengan FC Barcelona saat masih remaja dan mencetak sejumlah prestasi, misalnya sebagai pencetak gol termuda di klub ataupun Liga Spanyol.

Itulah ulasan tentang profil Lamine Yamal, yang memecahkan rekor sebagai pemain termuda terbaik yang unjuk gigi dalam laga sepak bola bergengsi Euro 2024

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi