Berbalas Pecah Rekor, Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Leonardo Berduel Sengit dengan Wakil Amerika

| 06 Aug 2024 22:10
Berbalas Pecah Rekor, Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Leonardo Berduel Sengit dengan Wakil Amerika
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo (Antara)

ERA.id - Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo tampil impresif di kualifikasi babak penyisihan unggulan nomor speed Olimpiade Paris 2024, yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, Selasa (6/8/2024).

Pada percobaaan pertama Veddriq Leonardo berhasil mengalahkan wakil dari tuan rumah Prancis, Bassa Mawem. Ia melesat cepat dengan mencatatkan waktu 4,92 detik. Sementara lawannya meraih waktu 5,182 detik.

Atlet berumur 27 tahun itu bahkan berhasil memecahkan rekor dunia pada percobaan kedua. Dia sukses membukukan waktu 4,794 detik

Pencapaian itu sama dengan rekor yang pernah diciptakan oleh atlet panjat tebing Amerika Serikat (AS), Sam Watson, pada 12 April 2024 di Wujiang dengan waktu 4,798 detik.

Hasil Veddriq juga melampaui rekor Olimpiade yang pernah dicatat oleh Bassa Mawem dengan waktu 5,45 detik di Olimpiade Tokyo 2020.

Namun rekor dunia milik Veddriq tidak berlangsung lama, pasalnya wakil Amerika Serikat Samuel Watson, yang ada di grup lain berhasil menunjukkan kualitasnya dengan memecahkan rekor baru dengan catatan waktu 4,75 detik saat berlaga di babak eliminasi.

Catatan waktu yang menakjubkan dari Veddriq dan Watson otomatis membuat mereka berdua lolos ke perempat final bersama enam atlet lainnya.

Rekomendasi