Samai Rekor Higuain, Immobile Kunci Top Skor Liga Italia

| 02 Aug 2020 10:23
Samai Rekor Higuain, Immobile Kunci Top Skor Liga Italia
Ciro Immobile (Twitter)

ERA.id - Penyerang Lazio, Ciro Immobile, menyamai rekor gol terbanyak dalam semusim Liga Italia milik Gonzalo Higuian. Ia kini membukukan 36 gol musim ini pada Sabtu setempat atau Minggu (2/8/2020) dini hari WIB.

Pemain 30 tahun itu sebelumnya telah mengoleksi 35 gol menjelang pertandingan Lazio melawan Napoli. Ia unggul empat gol atas bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Karena Juventus sudah meraih Scudetto, pelatih Juve Maurizio Sarri memutuskan untuk tidak memasukkan bintang Portugal itu ke dalam skuat saat pertandingan melawan AS Roma dini hari tadi.

Dengak kenyataan itu, posisi Immobile di puncak daftar pencetak gol aman dan tak ada yang menggeser. Catatan golnya itu kini sudah cukup untuk mengamankan gelar Sepatu Emas Eropa sebagai pemain tersubur di benua biru.

Ia mengungguli penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski yang mengemas 34 gol saat membawa tim Bavaria itu menjuarai Liga Jerman.

Walau 35 gol sudah membuatnya aman, Immobile tidak mau kehilangan kesempatan untuk mempertajam rekor golnya. Ia mengemas gol pada menit ke-22 di San Paolo untuk menyamakan kedudukan bagi Lazio.

Dengan sebiji gol itu, ia telah mengoleksi 36 gol dalam semusim, menambahi satu lagi pemain yang pernah mencapainya sepanjang sejarah Liga Italia.

Higuain mencatatkan rekor serupa pada musim 2015/2016 saat masih berseragam Napoli. Sebelumnya, legenda Torino, Gino Rossetti juga pernah mengukir 36 gol dalam semusim saat Liga Italia masih bernama Divisione Nazionale pada 1928/2929.

Catatan Immobile itu sepuluh gol lebih banyak dibanding pencetak gol terbanyak sebelumnya, Fabio Quagliarella, yang mengoleksi 26 gol untuk Sampdoria pada 2018/2019.

Itu merupakan gelar pencetak gol terbanyak ketiga bagi Immobile, setelah pertama kali memenangi penghargaan serupa pada 2013/2014 saat masih berseragam Torino, serta waktu berbagi gelar itu dengan penyerang Inter Milan Mauro Icardi pada 2017/2018.

Daftar pencetak gol terbanyak Liga Italia musim 2019/2020:

  1. 36 gol - Ciro Immobile (Lazio)
  2. 31 gol - Cristiano Ronaldo (Juventus)
  3. 23 gol - Romelu Lukaku (Inter Milan)
  4. 21 gol - Francesco Caputo (Sassuolo)
  5. 18 gol - Joao Pedro (Cagliari), Luis Muriel (Atalanta), Duvan Zapata (Atalanta)
  6. 16 gol - Andrea Belotti (Torino), Edin Dzeko (AS Roma)
  7. 15 gol - Josip Ilicic (Atalanta)
  8. 14 gol - Domenico Berardi (Sassuolo), Marco Mancosu (Lecce), Lautaro Martinez (Inter Milan)
  9. 12 gol - Andrea Petagna (SPAL), Giovanni Simeone (Fiorentina)
  10. 11 gol - Jeremie Boga (Sassuolo), Andreas Cornelius (Parma), Paulo Dybala (Juventus), Manolo Gabbiadini (Sampdoria), Arkadiusz Milik (Napoli), Fabio Quagliarella (Sampdoria), Ante Rebic (AC Milan).
Tags : liga italia
Rekomendasi