Dulu Tenar, Kini Gaji Robinho Kurang dari UMR Jakarta

| 14 Oct 2020 10:47
Dulu Tenar, Kini Gaji Robinho Kurang dari UMR Jakarta
Robinho diapit dua orang anak (Twitter Santos FC)

ERA.id - Robson de Souza atau Robinho patut mengenang masa jayanya sebagai pemain sepak bola. Saat berseragam Real Madrid, banyak sekali orang yang mengelu-elukan namanya di lapangan hijau.

Robinho, diakui atau tidak, adalah pemain yang hebat. Sering menyisir dari sisi sayap dan mengandalkan kecepatan khas Brazil, membuatnya dikenal banyak sekali pecinta si kulit bundar.

Kini, di masa tuanya, ia kembali ke kampung dan membela Santos, klub lamanya. Di Santos, gaji Robinho tak lebih banyak dari UMR Jakarta, yakni Rp3 juta per bulan. UMP Jakarta sendiri berkisar Rp4,2 juta.

Sekadar mengenang masa jayanya, saat Barcelona mulai berjalan dengan Lionel Messi-nya, pada awal 2000-an, Real Madrid bersaing dengan membeli Robinho dari Santos pada 2005 lalu.

Saat itu, Real Madrid membayar 24 juta euro untuk mendapatkan jasa Robinho. Robinho dulunya sangat mahal. Sang pemain pun tampil cukup baik dan mampu menembus tim utama Madrid.

Namun, Robinho hanya tiga musim membela Los Galacticos. Ia pindah ke ke Manchester City pada awal musim 2008/2009 dengan harga 42 juta euro.

Robinho kemudian menjadi bagian dari awal ambisi besar Man City. Robinho benar-benar menikmati guyuran dana dari Sheikh Mansour. Apalagi, gajinya di City terbilang besar.

Man City membayar Robinho dengan nilai 160 ribu pounds per pekan. Jika memakai kurs saat ini, maka gaji yang didapat Robinho mencapai Rp3 miliar per pekan.

Lama-kelamaan, Robinho tak menemukan performa terbaiknya. Ia kemudian kembali ke Santos karena jarang mendapat tempat inti. Pada 2010, Robinho pindah ke AC Milan dan berupaya keras mendapatkan kembali performa terbaiknya.

Setelahnya, Robinho bermain untuk klub Turki dalam empat musim terakhir. Dua musim di Sivaspor dan dua musim di Istanbul Basaksehir. Pada akhir musim 2019/2020, Basaksehir tak memperpanjang kontrak Robinho sebab ia dianggap minim kontribusi.

Pada usia 36 tahun, Robinho bukan lagi pemain yang lincah dan berbahaya di depan gawang seperti saat bermain di Man City. Setidaknya, ia masih bisa bermain bola.

Santos akhirnya merekrutnya lagi. Pandemi COVID-19 membuat Santos memberi tawaran minimal pada Robinho. Dia hanya mendapatkan gaji 1.500 real Brasil atau 207 pounds per bulan. Nilai itu berada pada kisaran Rp3,9 juta.

Ini adalah gaji awal yang didapat Robinho. Andai pemain yang pernah membela Guangzhou Evergrande itu mampu tampil reguler, maka gajinya akan naik sesuai dengan klausul yang sudah diatur.

Tags : sepak bola
Rekomendasi