Polemik Dewa Kipas, Grand Master Catur Indonesia Surati Deddy Corbuzier Bahas Kejujuran

| 16 Mar 2021 14:20
Polemik Dewa Kipas, Grand Master Catur Indonesia Surati Deddy Corbuzier Bahas Kejujuran
Dewa Kipas di acara Close the Door Deddy Corbuzier. (Tangkapan layar/Deddy Corbuzier)

ERA.id - Grandmaster catur wanita Indonesia, Irene Sukandar melayangkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier. Surat terbuka itu dilayangkan Irene terkait citra buruk yang timbul usai Dewa Kipas menjadi bintang tamu di channel YouTubenya.

"Ini adalah surat terbuka untuk mengungkapkan kegaduhan hati saya akan kasus yang belakangan ini ramai diperbincangkan di dunia catur, olahraga otak yang sudah saya tekuni selama lebih dari 20 tahun,” tulis Irene dalam suratnya.

Irene memahami segala bentuk publikasi tentang catur merupakan keuntungan bagi para pemainnya. Namun, dalam permainan catur ia selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran layaknya permainan catur.

"Saya selalu memegang nilai-nilai kebenaran, jujur, dan ksatria seperti makna permainan catur, dan kita, saya, Mas Deddy, sebagai publik figur yang bisa membentuk opini masyarakat harus bersama-sama memberitakan berita yang benar," lanjutnya.

Dengan pemberitaan yang benar, kata Irene, hal itu sangat berguna untuk membangun karakter bangsa dengan kejujuran.

Tetapi sayangnya dengan kejadian yang menghebohkan dunia di bidang catur ini, Irene menilai hal itu sebagai salah satu kerugian yang tidak sebanding dengan perjuangan para pecatur Indonesia.

Irene mengaku malu dengan kejadian yang ditimbulkan oleh Dewa Kipas. Apalagi kecurangan yang dicurigai dilakukan saat melawan Gotham Chess.

"Kejadian ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya di mata dunia percaturan Internasional," tegas Irene.

Irene menambahkan, citra baik dan semua prestasi yang telah diukir oleh para pecatur Indonesia seolah runtuh seketika.

Surat terbuka yang dilayangkan ke Deddy Corbuzier itu juga sudah ditembuskan ke Kemenpora, serta beberapa komite di bidang olahraga seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olahraga Indonesia (KOI), dan juga Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI).

Lebih lanjut, menurut keterangan Irene, dirinya akan bertemu dengan Deddy Corbuzier pada Rabu (17/3/2021). Hal ini guna meluruskan permasalahan yang terjadi dan berimbas buruk ke para pecatur Indonesia.

Sementara itu di sisi lain, Deddy Corbuzier sudah mengundang Dewa Kipas alias Dadang Subur ke dalam podcastnya.

Barubaru ini dunia catur Indonesia mendapat sorotan dari dunia. Hal ini bermula dari kasus kecurangan yang diduga dilakukan oleh Dewa Kipas alias Dadang Subur.

Dewa Kipas dianggap curang usai berhasil mengalahkan YouTuber asal Amerika Serikat, Gotham Chess. Ia diduga melakukan trik dan kecurangan hingga akunnya dibekukan oleh Chess.com.

Rekomendasi