Jose Mourinho Dipecat Tottenham Hotspur, Gegara Liga Super Eropa?

Tim Editor

Jose Mourinho melatih Spurs sejak November 2019 setelah menggantikan Mauricio Pochettino.(AFP/ALASTAIR GRANT)

ERA.id - Klub bola Tottenham Hotspur menyatakan memecat Jose Mourinho dari posisi manajer klub, 17 bulan setelah pria tersebut direkrut, seperti dilaporkan ESPN, Senin, (19/4/2021).

Spurs mengumumkan keputusan tersebut pada Senin pagi, kurang dari 12 jam setelah klub tersebut menyatakan bakal mengadakan kompetisi Liga Super Eropa bersama lima klub elit Inggris lainnya, yaitu Chelsea, Arsenal, Manchester United, Manchester City dan Liverpool.

Presiden Tottenham Daniel Levy, dikutip ESPN, mengatakan, "Jose dan staf kepelatihannya bersama dengan kami saat kami menjalani masa-masa tersulit sebagai tim. Jose benar-benar seorang profesional yang tak putus asa selama pandemi ini."

"Di level pribadi, saya senang bekerja dengannya, namun, menyayangkan bahwa situasi saat ini tidak sesuai dengan yang pernah kami harapkan. Dia akan selalu disambut baik di sini, dan kami ingin berterima kasih kepadanya dan tim kepelatihannya atas kontribusi mereka."

Saat ini Tottenham berada di peringkat ketujuh Liga Premier, terpaut lima poin dari posisi keempat klasemen. Tim tersebut akan menghadapi Manchester City di Final EFL Cup pada Minggu nanti.

Mourinho, 58 tahun, membawa Spurs pada 13 kekalahan di semua kompetisi selama dua musim terakhir, melampaui skor kekalahan yang pernah ia capai selama karir manajerialnya. Di samping itu, menurut ESPN, sejumlah pemain tim tersebut mengaku semakin frustrasi atas sikapnya yang suka mengritik di depan publik, tak terkecuali setelah tim mengalami kekalahan.

Situasi ruang konferensi pun cukup tegang belakangan ini mengingat Mourinho makin sering terlibat dalam debat panas dengan para reporter.

Mourinho meyakini, sebut ESPN, bahwa kemenangan atas Manchester City pada akhir pekan lalu, dan tropi pertama yang diraih Tottenham sejak 2008, bakal bisa mengulur waktu. Namun, keputusan manajemen Spurs seakan menjadi jelas atas pengumuman kompetisi Liga Super pada Minggu.

Berdasarkan laporan ESPN pada 19 Februari, Spurs awalnya hendak menunda keputusan hingga akhir musim, guna melihat kompetisi level Eropa mana yang bakal mereka jalani. Hingga saat ini mereka masih susah payah untuk bisa masuk zona Liga Champions. Namun, kemudian muncul pengumuman mengejutkan pada Minggu terkait bakal diadakannya kompetisi Liga Super Eropa, yang akan mereka ikuti.

Para klub yang menggawangi kompetisi tersebut yakin proyek mereka bakal berhasil, dan di saat yang sama timing akhir masa kepelatihan Mourinho memperjelas visi mereka.

Spurs mengonfirmasi bahwa Ryan Mason bakal mengambil alih sesi latihan pada hari Senin. Sumber-sumber ESPN menyebut bahwa Mason dan Chris Powell bakal dipilih untuk menangani tim secara sementara hingga akhir musim, sementara tim tersebut mencari sosok pengganti untuk posisi manajer yang lowong.

Tag: liga inggris jose mourinho Tottenham Hotspur

Bagikan: