Jalan Lapang 11 Atlet Badminton Indonesia ke Olimpiade Tokyo, Siapa Saja?

| 23 May 2021 19:43
Jalan Lapang 11 Atlet Badminton Indonesia ke Olimpiade Tokyo, Siapa Saja?
Kevin Sanjaya-Marcus Gideon (Dok. BWF)

ERA.id - Kepala Bidang Humas dan Media PBSI Broto Happy mengataka sebelas pebulu tangkis Indonesia hampir dipastikan lolos ke pesta olahraga Olimpiade 2020 Tokyo .

“Yang sudah lolos baru 11 orang. Kami masih menunggu update dari BWF dulu,” kata Broto Happy kepada Antara di Jakarta, Minggu, (23/5/2021), dilansir dari ANTARA.

Sebanyak 11 atlet tersebut adalah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Kendati belum ada pengumuman resmi dari BWF, para atlet tersebut hampir dipastikan lolos kualifikasi karena masuk ranking 16 besar Road to Olympics untuk nomor tunggal atau delapan besar untuk sektor ganda.

PBSI sebetulnya menargetkan bisa mengirimkan 13 atletnya ke Olimpiade Tokyo, yang akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus tersebut. Namun ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja gagal menyusul langkah rekan-rekannya karena mereka turun peringkat ke posisi sembilan Road to Olympics.

Babak kualifikasi cabang olahraga bulu tangkis untuk Olimpiade Tokyo seharusnya berakhir pada 15 Juni, dan Singapore Open 2021 dijadwalkan menjadi turnamen penutup dari seluruh rangkaian kualifikasi.

Namun BWF telah mengumumkan pembatalan turnamen BWF World Tour Super 500 itu dengan alasan jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat secara global dan adanya pengetatan persyaratan perjalanan untuk bisa masuk ke Singapura.

BWF juga telah memastikan tidak akan menjadwal ulang Singapore Open 2021 sehingga perhitungan poin ke Olimpiade Tokyo pun dipastikan telah berakhir setelah sebelumnya BWF juga memutuskan untuk menunda Malaysia Open 2021 yang sedianya digelar pada 25-30 Mei.

Rekomendasi