AS Takluk Oleh Prancis di Olimpiade, Rekor 25 Kali Menang Selesai Sudah

| 26 Jul 2021 08:23
AS Takluk Oleh Prancis di Olimpiade, Rekor 25 Kali Menang Selesai Sudah
Pebasket Prancis Rudy Gobert (kanan) berjibaku dengan pemain Amerika Serikat Draymond Green di laga Olimpiade Tokyo di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang, Minggu (25/7/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Aris Messinis)

ERA.id - Kekalahan dengan skor 76-83 tim basket Amerika Serikat terhadap Prancis di Olimpiade 2020 Tokyo menjadi kekalahan pertama mereka sejak 2004, dan menjadi kekalahan keenam dalam sejarah olimpiade.

Melansir Al Jazeera, (26/7/2021), permainan tim basket AS memang sudah cukup kocar-kacir saat bertemu tim Prancis di laga perempat final FIBA World Cup 2019.

Permainan tim Prancis di laga pertama grup mereka, Minggu, di Saitama Super Arena, Tokyo, pun pas sedang 'on fire'.

Evan Fournier mencetak 28 poin bagi Prancis, sementara Rudy Gobert 14 dan Nando de Colo 13.

Sementara itu, Jrue Holiday memberikan 18 poin bagi AS, Bam Adebayo 12, Damian Lillard 11, dan Kevin Durant 10.

"Hasilnya oke, hasilnya," kata Fournier kepada kantor berita Reuters, Minggu.

Sebenarnya timnas AS memulai dua quarter pertama, memimpin dengan skor 45-37 berkat permainan apik lini pertahanan mereka. Namun, di kuarter ketiga, mereka kalah 11-25 oleh tim Prancis yang kemudian mengambil alih permainan.

AS sempat sebentar menyusul di kuarter keempat, namun, tim Prancis tak terkalahkan dan memenangkan laga Olimpiade pertama mereka atas AS.

Al Jazeera mengabarkan bahwa timnas AS adalah tim yang selalu dijagokan untuk menang, dengan rekor menang kalah 138-6 dan raihan 15 medali emas sejak bergabung dalam Olimpiade di tahun 1936. Tak mengherankan, lini permainan AS diisi oleh para pemain kondang NBA.

Namun, permainan mereka akhir-akhir ini menunjukkan perjalanan menuju podium tak akan semudah yang sudah-sudah. Sebelumnya, mereka telah membatalkan dua laga persahabatan dan kekalahan mengejutkan atas tim basket Nigeria, yang berada di rangking 22 dunia.

Kurangnya persiapan akibat bentrok jadwal dengan playoff NBA, dan pergantian pemain terkait hasil tes dan infeksi Covid-19, ditengarai menjadi penyebab kualitas permainan yang buruk dari timnas AS.

Pada Rabu nanti, AS akan menghadapi tim basket Iran dan pada Sabtu akan menghadapi tim Republik Ceko dalam lagai penutup Grup A Olimpiade. Jika AS berhasil memenangi kedua laga, mereka akan bisa lolos ke fase perempatfinal.

Bila AS kalah di salah satu laga lainnya, mereka mungkin tidak akan lolos dalam laga kualifikasi grup.

Rekomendasi