Siap Kirim 23 Atlet, Ini Target Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo

| 10 Aug 2021 17:21
Logo Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto: Dennis Amith/Flickr)

ERA.id - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia siap memberangkatkan 23 atlet dari tujuh cabang olahraga ke ajang multi event dunia Paralimpiade Tokyo 2020, yang digelar mulai 24 Agustus hingga 5 September 2021.

Keberangkatan kontingen NPC Indonesia ke Tokyo akan dibagi menjadi empat kloter, mulai dari 17 hingga 23 Agustus, sebut Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto, di Solo, Selasa, (10/8/2021).

Melansir ANTARA, kontingen NPC Indonesia dalam tujuh hari sebelum ke Tokyo harus mengirimkan hasil tes usap PCR yang dilakukan tujuh hari berturut-turut ke pemerintah Jepang. Apabila hasil tes terus negatif maka atlet bisa berangkat ke Tokyo.

Sebanyak 23 atlet NPC Indonesia tersebut terdiri dari tujuh atlet dari cabang olahraga atletik, tujuh atlet badminton), tiga atlet tenis meja, dua atlet renang, dua atlet menembak, satu atlet angkat berat,, dan satu atlet balap sepeda.

"Atlet bersama ofisial sebelum diberangkatkan ke Tokyo, sejak tanggal 1 Agustus selama dua minggu menjalani karantina," kata Rima.

Hal tersebut untuk mencegah adanya atlet dan ofisial NPCI yang terpapar COVID-19. Para atlet dan ofisial yang akan diberangkatkan ke Tokyo mulai 1 Agustus sudah menjalani karantina total di hotel dan venue latihan harus steril tidak boleh ada kontak sama sekali dengan orang lain.

Bahkan, pihaknya membatasi pegawai hotel yang berhubungan langsung termasuk cleaning service maupun yang mengantarkan makanan harus dikarantina atau tidak boleh pulang ke rumah, harus tetap di hotel selama isolasi. Dalam dua minggu terakhir ini, latihan masih berjalan lancar dan semuanya masih negatif COVID-19.

"Jadi kami tidak mau tempat latihan atlet masih berhubungan dengan orang lain. Karena, hal ini, tidak menjamin sterilnya venue untuk latihan para atletnya. Kami tidak mau mengambil resiko sehingga tempat latihan atlet harus benar-benar kondisi steril COVID-19," kata Rima.

Sementara itu, Presiden NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan NPC Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020 menargetkan bisa merebut satu medali emas dan menempati peringkat 60 besar dunia.

"Target kami memperbaiki Paralimpiade 2016 Rio de Janeiro Brasil. NPC Indonesia ketika itu, berhasil memperoleh satu medali perunggu dan menempati rangking ke-76. Kami mohon doa seluruh rakyat Indonesia agar Paralimpiade Tokyo bisa memenuhi target itu," kata Senny.

Rekomendasi