Jadi Tuan Rumah APG 2022, Indonesia Targetkan 104 Medali Emas

| 25 Jul 2022 23:04
Jadi Tuan Rumah APG 2022, Indonesia Targetkan 104 Medali Emas
Pengukuhan atlet kontingen Indonesia untuk ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo, Senin (25/7/2022). (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengukuhkan kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games 2022 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Senin (25/7/2022).  Dalam pengukuhan ini ditargetkan Indonesia menjadi juara umum dalam ASEAN Para Games 2022.

”Hari ini saya atas nama pemerintah, pengukuhan kontingen  kita untuk bertanding di ASEAN Para Games. Saya yakin, percaya dan berharap apa yang sudah diikrarkan tadi (target juara umum) terealisasi,” kata Zainuddin.

Optimisme ini didasari pada posisi Indonesia yang berada di peringkat 43 dunia. Ditambah lagi tangan dingin dari Ketua Chief de Mission (CdM) Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 Andi Herman diharapkan bisa merealisasikan target juara umum dalam ASEAN Para Games 2022.

“Semua luar biasa kesiapannya. Sekali lagi ini terjadi karena dukungan, arahan dan restu dari Bapak Presiden Joko Widodo,” ucapnya.

Rencananya kontingen dari 11 negara ini akan tiba di Bandara Adi Soemarmo mulai Selasa (26/7/2022). Penyambutan kedatangan kontingen-kontingen tersebut telah disimulasikan, tidak terkecuali pelayanan imigrasi bagi kontingen asal negara lain.

Sementara itu CdM Andi Herman mengatakan target juara umum itu sudah melewati kalkulasi dari sisi prestasi atlet selama mengikuti pelatnas, event internasional, pelatihan di luar negeri dan perbandingan dengan negara ASEAN lainnya. Untuk itu angka 104 medali dirasa mampu untuk dicapai oleh para atlet kontingen Indonesia.

“Nah kalau memperhitungkan itu, Insya Allah target (raih) 104 medali. Itu target minimal,” jelas Andi.

Perburuan gelar juara umum diyakini mendapat perlawanan sengit dari kontingen Thailand, yang dinilai juga menginginkan gelar yang sama.

”Thailand juga merupakan pesaing yang berat. Namun kami optimis,” katanya.

Rekomendasi