Dulu Jagoan, Kini PSM Makassar dan Persipura Nyaris Terdegradasi ke Liga 2, Kasihan

| 24 Mar 2022 11:16
Dulu Jagoan, Kini PSM Makassar dan Persipura Nyaris Terdegradasi ke Liga 2, Kasihan
Pemain PSM Makassar (Antara)

ERA.id - Siapa yang tak kenal Persipura dan PSM Makassar di Liga 1 Indonesia? Dua klub ini bisa dibilang superior selama beberapa tahun belakangan.

Dulu mencetak banyak pemain andal dan ditakuti lawan, kini mereka hanya dijadikan tempat bagi klub lain untuk mencuri poin. Tenaganya tak sebanyak dulu.

Mereka sekarang ditampar nasib. Dominan tampil melempem. Akibatnya, mereka harus was-was, jika tak hati-hati, bisa terdegradasi menuju Liga 2.

Ya, Persipura dan PSM Makassar bersaing sengit, bukan oleh klub papan atas, melainkan klub papan bawah. Adalah Barito Putera dan PSS Sleman.

Empat klub ini terancam masuk 'jurang'. Dua tim lebih dulu tersingkir, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan, setelah selisih perolehan poin mereka teramat jauh dan tak mungkin mengejarnya dari laga tersisa.

Persipura kini berada pada posisi ke-16 klasemen BRI Liga 1 2021/2022 dengan simpanan 30 poin, sehingga harus memaksimalkan dua laga tersisa untuk meraih enam poin tambahan.

Tim Mutiara Hitam pun saat ini sedang dalam tren kemenangan, setelah dua kali berturut-turut mendulang kemenangan, yakni melawan Bhayangkara FC dan PSS.

Sedangkan dua laga tersisa yang akan dilakoni Mutiara Hitam, adalah menghadapi PSIS Semarang dan Persita Tangerang.

Di atas Persipura, ada Barito Putera yang berada pada posisi ke-15 klasemen sementara dengan 32 poin dan sama-sama membutuhkan sapu bersih dari dua laga tersisa.

Laskar Antasari juga memiliki rekor belum terkalahkan dalam tiga laga terakhir, sehingga berpotensi mengulang kesuksesan mendulang poin tambahan.

PSS dan PSM pun tak kalah gencar ikut bersaing untuk lepas dari bayang-bayang degradasi dan tetap bertahan dalam Liga 1 musim depan.

Super Elang Jawa, julukan PSS, kini menempati posisi ke-14 dalam klasemen sementara dengan perolehan 33 poin dan membutuhkan setidaknya empat poin untuk bertahan dalam Liga 1 musim depan.

Namun, skuad Laskar Sembada bisa mendapatkan maksimal enam poin jika sukses melibas Persela dan Persija Jakarta dalam laga tersisa.

Sedangkan PSM yang berada pada posisi ke-13 juga belum sepenuhnya aman dengan simpanan 35 poin sehingga harus memaksimalkan performa dan menyapu bersih poin dari laga tersisa.

Jika keempat tim sama-sama menang pada dua laga terakhir, maka poin tertinggi yang diraih Juku Eja, julukan PSM, adalah 41, PSS meraih maksimal 39 poin, sedangkan Barito Putera dan Persipura masing-masing 38 dan 36 poin.

Siapa yang akan terdegradasi menemani Persiraja dan Persela? Tergantung bagaimana upaya keempat tim dalam memaksimalkan performa dan kepada siapa Dewi Fortuna berpihak dalam dua laga tersisa.

Rekomendasi