Pertama dalam Sejarah! FIFA Pilih Wasit Wanita untuk Pimpin Piala Dunia 2022

Tim Editor

Wasit wanita piala dunia 2022 (instagram/stephanie.frappart)

ERA.id - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) membuat sejarah baru dalam industri olahraga. FIFA secara resmi memilih wasit wanita untuk memimpin jalannya Piala Dunia 2022.

Komite Wasit FIFA telah menunjuk tiga wasit wanita dan tiga asisten wasit wanita untuk memimpin Piala Dunia 2022 di Qatar, Kamis (19/5/2022) waktu setempat. Pemilihan wasit wanita ini pun tercatat sebagai pertama kalinya dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia pria.

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA. Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender," kata Pierluigi Collina, ketua Komite Wasit FIFA, dikutip USNews, Jumat (20/5/2022).


Tiga wasit utama wanita itu diantaranya adalah Stephanie Frappat, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamshita. Sementara asisten wasit wanita yang terpilih adalah Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat, Neuza Back dari Brasil, dan Karen Diaz Medina dari Meksiko.

Menurut Collina, pemilihan tiga wasit wanita dan tiga asisten wasit wanita ini menjadi salah satu faktor penting bagi FIFA. Ia pun berharap pemilihan wasit wanita ini bisa dinilai sebagai sesuatu yang normal di masa depan.

"Saya berharap di masa depan, pemilihan ofisial pertandingan elit putri untuk kompetisi penting putra akan dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional. Mereka pantas berada di Piala Dunia FIFA karena mereka terus-menerus tampil di level yang sangat tinggi, dan itulah faktor penting bagi kami," ucap Collina.

Diketahui Frappat telah memimpin pertandingan di kualifikasi Piala Dunia dan Liga Champions. Sedangkan Mukansanga memiliki pengalaman menjadi wasit turnamen terbesar di Afrika, termasuk Piala Afrika, dan Liga Champions Wanita CAF.

Sementara Yoshimi Yamashita yang berasal dari Jepang diketahui memiliki pengalaman memimpin Piala Dunia Wanita FIFA, dan Olimpiade Musim Panas.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa FIFA akan memantau secara cermat selama beberapa bulan ke depan sebelum perhelatan Piala Dunia 2022 di mulai. Pemantauan itu termasuk pada aspek teknis, fisik, dan juga medis.

"Setiap ofisial pertandingan akan dipantau secara cermat dalam beberapa bulan ke depan dengan penilaian akhir pada aspek teknis, fisik, dan medis yang akan dilakukan sesaat sebelum Piala Dunia, agar mereka dalam kondisi terbaik saat bola mulai bergulir di Qatar," kata Massimo Busacca, direktur wasit FIFA.

Sementara itu, Piala Dunia 2022 di Qatar dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember 2022.

Tag: fifa Piala Dunia 2022 wasit wanita wasit bola wanita wasit wanita piala dunia 2022

Bagikan: