Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Siapa Stephanie Frappart?

| 01 Dec 2022 20:08
Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Siapa Stephanie Frappart?
Stephanie Frappart (Foto: Antara)

ERA.id - Stephanie Frappart merupakan wasit wanita pertama yang akan memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia akan menjadi wasit utama pertandingan antara Kosta Rika vs Jerman di Grup E Piala Dunia 2022 pada Jumat (2/12/2022).

Tak hanya Frappart, nantinya pada pertandingan tersebut, Frappart akan dibantu oleh dua asisten wasit yang juga seorang wanita yaitu Neuza Back dan Karen Diaz.

Di Piala Dunia tahun ini banyak sejarah baru tercipta. Selain pemutakhiran teknologi, FIFA juga mempersiapkan sejumlah wasit wanita untuk menjadi pengadil di lapangan. Ada wasit utama lain selain Frappart yaitu seorang wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita, dan Salima Mukansanga serta satu asisten wasit Kathryn Nesbitt.

Sebelum ajang Piala Dunia ini, Frappart juga pernah bertindak sebagai ofisial keempat di Euro 2020, dan itu juga membuat sejarah. Setelah apa yang ia buat pada ajang Euro 2021, Frappart kali ini juga membuat sejarah pada Desember 2021 dengan menjadi wasit perempuan pertama di pertandingan Liga Champions Eropa. Dia menjadi pengadil lapangan saat pertandingan Grup G, antara kesebelasan Juventus melawan Dynamo Kiev di Turin.

Pernah Pimpin Pertandingan Final Piala Dunia Wanita

Stephanie Frappart (Twitter.com/@FIFAcom)

Wasit perempuan berusia 38 tahun itu juga memimpin Piala Super 2019 yang bertajuk Derby Inggris, karena pada laga itu mempertemukan dua kesebelasan asal negara Ratu Elizabeth, yakni Chelsea melawan Liverpool. Di tahun yang sama pula Frappart juga memimpin pertandingan final Piala Dunia wanita.

''Itu adalah perasaan yang sangat istimewa ketika Anda berjalan keluar dari stadion dan penonton benar-benar bersorak untuk kami, saya belum pernah mengalaminya dan dalam pertandingan yang sangat besar,'' kata Stephanie Frappart setelah memimpin laga Piala Super Eropa 2019.

Pada Oktober 2020, Frappart menjadi wasit pertandingan Europa League pertamanya. Pertandingan yang mempertemukan tim asal Inggris, Leicester City melawan tim asal Ukraina, Zorya Luhansk. Frappart telah menjalani laga sebanyak enam belas kali musim ini di Ligue 1 Prancis, mengeluarkan 62 kuning dengan rata-rata 3,88 per game. Dia hanya mengeluarkan satu 1 kartu merah di liga musim ini.

Stephanie Frappart mendapat lisensi wasit FIFA pada 2009, berkata tentang negara tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar, yang memberlakukan aturan ketat pada wanita. ''Saya akan pergi ke sana untuk kompetisi. Saya tidak akan pergi ke sana untuk lingkungan. Tapi mungkin Piala Dunia ini akan meningkatkan hak-hak perempuan di negara ini.”

Profil Stephanie Frappart

Bagi kamu yang penasaran dengan Profil Stephanie Frappart. Simak Profil lengkapnya berikut ini.

Lahir: Herblay, Prancis

Usia: 38 tahun

Debut: 2011, Divisi 3 Prancis

April 2019: Wasit wanita pertama di Ligue 1

Desember 2020: Wasit wanita pertama di Liga Champions

Juni 2021: Wasit wanita pertama di turnamen besar pria

Desember 2022: Wasit wanita pertama di Piala Dunia 2022

Demikianlah penjelasan mengenai profil Stephanie Frappart, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi