Kereta Panoramic akan Hadir di Indonesia, Ternyata Terinspirasi Swiss

| 26 Sep 2022 06:25
Kereta Panoramic (Twitter, Balai Uji)

ERA.id - Kereta panoramic di Indonesia akan segera hadir. Hal tersebut diketahui setelah beberapa waktu lalu viral video beredar tentang uji coba kereta tersebut.

Meskipun demikian, kereta panoramic bukanlah satu-satunya di dunia. Swiss adalah salah satu negara di Eropa yang lebih dulu memiliki kereta panoramic.

Bernina Express, kereta panoramic di Swiss (Swiss Travel System)

Dilansir dari Swiss Activity, terdapat lima kereta panorama terindah di Swiss di antaranya Glacier Express, Bernina Express, Golden Pass Line, Gotthard Panorama Express, dan Voralpen Express.

Seperti namanya, kelima kereta panoramic di Swiss memiliki panel jendela yang sangat besar yang menjangkau jauh ke atas. Kereta tersebut melewati wilayah pegunungan dengan menawarkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, di sepanjang perjalanan para penumpang juga disuguhi kuliner yang nikmat.

Kereta Panoramic di Swiss jadi Primadona

Fakta menarik, bahwa Swiss memiliki afinitas tinggi terhadap kereta api sebagai alat transportasi. Tapi tahukah Anda juga bahwa rel dengan panjang lebih dari 5.300 km di Swiss melayani lebih dari sekadar transportasi cepat dari A ke B?

Terdapat beberapa rute kereta api di Swiss yang menawarkan pemandangan melalui jendela di samping penumpang.

Wisata kereta panoramic di Swiss di antaranya kereta ekspres dari Zurich ke Chur, yang membawa Anda melewati Danau Walen yang indah. Kemudian atau rute dari Fribourg ke Lausanne dengan terowongan di atas kebun anggur Lavaux. Atau ada kereta panoramic yang melewati Danau Jenewa.

Memang naik kereta api dan pemandangan indah selalu menjadi wisata favorit di negara Swiss. Perlu diketahui, terdapat beberapa perjalanan kereta yang populer di Swiss, dimulai dengan kereta ekspres hingga kereta komuter terindah di Swiss.

Bahkan terdapat Tur Kereta khusus di Swiss yang dirancang untuk memberitahu Anda tentang semua pemandangan di sepanjang jalan. Lantas bagaimana dengan kereta panoramic di Indonesia?

Kereta Panoramic di Indonesia Kapan Beroperasi?

Menurut Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Hadis Surya Palapa, kereta panoramic akan diluncurkan dalam waktu dekat yaitu sekitar bulan Oktober hingga akhir tahun 2022.

Interior kereta panoramic (Twitter, Balai Uji)

Persiapan kereta panoramic di Indonesia secara teknis sudah memadai dan kini KAI masih merumuskan program dan penggunaannya akan seperti apa. Soal tampilan kereta sebagaimana yang beredar di medsos, bagian interiornya masih akan disempurnakan.

Perlu diketahui, PT KAI sedang membuat inovasi baru dengan memodifikasi kereta penumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic. Kereta panoramic juga kereta dengan sunroff pertama di Indonesia.

Ukuran kaca jendela kereta panoramic juga akan lebih besar sehingga penumpang bisa melihat pemandangan secara lebih luas. Namun, kini kereta panoramic masih melalui tahap uji laik secara statis maupun dinamis.

Uji coba kereta panoramic dilakukan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 15 Tahun 2011 tentang kereta yang mengalami modifikasi sebelum beroperasi harus menjalani uji pertama.

Uji coba kereta meliputi sejumlah pekerjaan di antaranya uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing, dan uji kebocoran.

Selain kereta panoramic, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi