Sudah Tersedia di Beberapa Kota, Lantas Jaringan 5G di Mana Saja? Simak Penjelasannya

| 27 Oct 2022 17:08
Sudah Tersedia di Beberapa Kota, Lantas Jaringan 5G di Mana Saja? Simak Penjelasannya
Ilustrasi jaringan 5G di Indonesia (Foto: Gizchina)

ERA.id - Popularitas jaringan 4G sebagai jaringan yang diandalkan semakin tergeser dengan adanya kehadiran jaringan 5G. Hal ini dikarenakan semakin majunya teknologi dan juga kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Misalnya kebutuhan akan streaming video dan musik yang memerlukan data internet memadai.

Data pengujian Ookla menunjukkan kecepatan 5G di posisi teratas berhasil diraih Korea Selatan. (foto: dok. Unsplash)

Jaringan 4G yang sebelumnya diandalkan seolah-olah tak bisa lagi menyajikan internet dengan kualitas maksimal. Faktor inilah yang mendorong Huawei Technologies, raksasa teknologi dari China, begitu gencar mengembangkan teknologi 5G. Bahkan, karena hal ini juga, beberapa waktu lalu Donald Trump mencurigai tujuan Huawei yang dianggap hendak memata-matai negara lainnya.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan teknologi 5G sampai mengundang banyak vendor besar saling berebut menghadirkan smartphone yang menyertakan teknologi ini di dalamnya?

Mengenal Teknologi 5G

Dilansir dari Qualcomm, teknologi 5G adalah jaringan seluler generasi kelima (fifth generation/5G) yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data 10 hingga 20 kali lebih cepat dibanding kecepatan internet generasi sebelumnya.

Kemunculan teknologi 5G sendiri bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam hal kecepatan data, lantency yang rendah, koneksi jaringan yang luas serta kapasitas jaringan yang lebih tinggi. Dengan kata lain, dengan teknologi 5G ini Anda dapat menjalani aktivitas yang membutuhkan internet 500% lebih cepat daripada 4G LTE yang pernah diandalkan.

Penemu Teknologi 5G

Penemu teknologi 5G adalah Michael Lemke, Pria berkebangsaan Jerman yang merupakan seorang ahli fisika bergelar PhD (doktor). Untuk mewujudkan kemunculan teknologi 5G, kabarnya ia telah mengawali penelitiannya sejak tahun 2016 silam, tepatnya di Dresden University of Technology, Jerman.

Selain berprofesi sebagi seorang ahli fisika, Michael Lemke juga memegang posisi penting di salah satu brand seluler ternama yaitu Huawei sebagai ahli teknologi senior. Ia menggeluti dunia teknologi komunikasi ini selama 24 tahun.

Lalu, Jaringan 5G di Mana Saja?

Indonesia sendiri sudah resmi memasuki era 5G pada tahun lalu. Sejumlah operator juga diketahui memberikan layanan jaringan tersebut di beberapa kota.

Namun, jumlahnya memang belum bisa dikatakan banyak. Sampai akhir tahun lalu, baru ada 9 kota yang sudah bisa mengakses jaringan 5G tersebut. Di mana saja? Berikut daftarnya:

1.       Jabodetabek

2.       Medan

3.       Batam

4.       Bandung

5.       Surakarta

6.       Surabaya

7.       Denpasar

8.       Balikpapan

9.       Makassar

Selain di kota-kota tersebut, pemerintah juga menetapkan rencana pengembangan 5G yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 2 Tahun 2021. Salah satu rencananya yaitu pengembangan 5G di seluruh ibukota provinsi di pulau Jawa dan lima destinasi wisata super prioritas.

Kelima destinasi tersebut antara lain Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Danau Toba (Sumut), dan Likupang (Sulut. Rencananya, jaringan 5G akan bisa digunakan di seluruh wilayah pada tahun 2023 mendatang.

Tempat lain yang rencananya akan dipasang 5G adalah di salah satu lokasi industri manufaktur dan ibukota negara baru. Jaringan tersebut rencananya dapat digunakan pada tahun 2024.

Telkomsel, Indosat, dan XL Aciata diketahui menjadi tiga operator yang sudah mengantongi izin laik operasi dari Kementerian Kominfo. Pada Mei lalu, Telkomsel sudah menerima dan meluncurkan layanan 5G.

Indonesia sendiri mendapatkan izin di bulan Juni. Sementara itu, bulan Agustus giliran XL yang sudah mendapatkan izin laik operasi.

Demikianlah ulasan mengenai jaringan 5G dan wilayah-wilayah Indonesia yang dijangkaunya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi