Ada Avatar Jokowi hingga Bisa Lihat IKN, Jagat, Platform Baru Melihat Nusantara dari Dunia Metaverse

| 29 Oct 2022 06:30
Ada Avatar Jokowi hingga Bisa Lihat IKN, Jagat, Platform Baru Melihat Nusantara dari Dunia Metaverse
Acara peresmian platform digital Jagat. (Dok. Era.id/Muhammad Gustaf)

ERA.id -  Setelah melalui fase tes awal di bulan Agustus 2022, akhirnya PT Avaraea Jagat Nusantara, menghadirkan dunia virtual (Metaverse) pertama di Indonesia bernama play.jagat.io.

Jagat hadir sebagai mana dunia virtual, kalian bisa mengadakan rapat, pertemuan, nobar, konser, dan lain-lain. Selain itu, dalam platform Jagat, juga menampilkan kota nyata dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dalam Jagat, semua orang bebas mengekspresikan diri. Masyarakat dapat mewujudkan kepribadian yang sesuai dengan aspirasi mereka," ucap Barry Beagen, Co-Founder dan CEO Jagat, dalam konferensi pers Launching Jagat.io, Jumat (28/10/2022)

Acara peluncuran platform Jagat, dihadiri dan diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Oktober 2022.

Jokowi juga tampil dalam bentuk Avatar dalam dunia virtual. Bentuk avatarnya juga tidak berbeda jauh dengan gambaran sang presiden di dunia nyata.

Saat peresmian, Jokowi turut didampingi oleh Wishnutama selaku Founding Chairman Jagat dan Bambang Susantono, selaku Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara," ucap Jokowi.

Melihat perkembangan teknologi, Jokowi menyampaikan, dirinya mendukung Nusantara masuk dalam dunia Metaverse.

"Hadirnya Nusantara ke dalam Metaverse, dapat memupuk rasa kepemilikan serta kebangsaan terhadap Nusantara. Terlebih anak-anak muda dari Sabang sampai Merauke dapat berpartisipasi aktif untuk membentuk kota masa depan Indonesia sesuai aspirasi mereka secara virtual," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, IKN bisa jadi ladang mencari ilmu buat anak-anak muda.

"Masa depan kita dimulai dari sana, selamat datang di Ibu Kota Nusantara. Di sini, kita dapat berkumpul, berkreasi, dan bersosialisasi dengan saudara kita, menjadi peluang dan kesempatan berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh penjuru Indonesia,"

Jokowi menutup dengan, mengajak generasi muda untuk ikut andil dalam dunia virtual ini.

"Ayo generasi muda mari kira membangun ibu kota nusantara bersama-sama melalui inovasi dan kreativitas," tutup Jokowi.

Rekomendasi