5 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Website yang Perlu Diketahui!

| 10 Jan 2023 22:10
5 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Website yang Perlu Diketahui!
Ilustrasi website (Foto: Freepik/rawpixel.com)

ERA.id - Kini, berbagai informasi tersedia bisa diakses menggunakan internet melalui website atau situs web. Penyebaran informasi melalui website sangat cepat, mencakup area yang luas, dan tidak dibatasi oleh jarak serta waktu.

Tidak hanya informasi, bahkan transaksi pun sudah mulai banyak dilakukan dengan teknologi website. Manfaat website tidak hanya itu, masih banyak keuntungan yang dirasakan ketika memiliki website.

Berikut 5 manfaat dan keuntungan memiliki website menurut Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster melalui Media Meet-Up Online Niagahoster pada Selasa (10/1/2023).

Media Meet-Up Online Niagahoster
Media Meet-Up Online Niagahoster

1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Kehadiran website bisa membantumu terhubung dengan pelanggan lebih luas lagi. Kamu dapat terhubung dengan siapa saja dan di mana saja. Melalui website, konsumen akan dengan mudah menemukan informasi produk di internet.

"Website sangat meningkatkan kredibilitas. Website juga memudahkan orang-orang mencari tahu informasi produk misalnya. Ini menjadi informasi penting bagi orang-orang," ujar Ayunda.

2. Memungkinkan 24 jam

Manfaat website selanjutnya adalah memberikan kesempatan melayani transaksi digital selama 24 jam. Artinya, website memungkinkan toko online kamu menerima orderan pelanggan setiap saat.

"Kemudahan akses, ini sangat signifikan. Website lebih signifikan daripada (penjualan) di toko fisik. Kalau pun (toko konvensional) harus bisa 24 jam, cost-nya lebih banyak, menggaji karyawan lebih banyak, sewa gedung," kata Ayunda.

3. Tidak perlu modal besar

Salah satu keuntungan memiliki website adalah biaya yang ekonomis. Membuat website bisnis itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Terlebih lagi, memiliki website berfungsi juga sebagai iklan yang bisa diakses kapan saja di internet. 

"Biasanya, penjualan produk di website menjual dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan masing-masing. Pemilik bisnis biasanya nggak mau ribet dan maunya mudah dengan memiliki website," ujar Ayunda.

4. Pemasaran lebih terukur dan terjangkau

Sebagai pemilik bisnis, tentu kamu ingin produkmu menjangkau pasar lebih luas. Dengan pasar lebih luas, tentunya akan berkontribusi positif terhadap awareness konsumen dan pada akhirnya akan berpotensi meningkatkan penjualan.

"Ini dibekali skill dan ilmu digital marketing. Bisnis itu kita menggunakan strategi pemasaran, kita tahu pasang iklannya. (Menggunakan website) bisa sampai link disebar atau jam berapa," imbuh Ayunda.

"(Mengetahui) siapa saja (yang mengakses), kalangan mana yang mengakses. Ini bisa menyesuaikan strateginya, pengembangannya bisa disesuaikan. Pasang iklan sosmed lebih terjangkau dan spesifik daripada papan baliho," tambahnya.

5. Lebih mudah memahami keinginan konsumen

Website menjadi sarana untuk mengetahui kondisi serta keinginan konsumen atau calon pembeli sekarang ini. Lewat website, kamu bisa membuat polling dengan lebih mudah serta praktis namun tetap bisa dilakukan secara maksimal.

"Kita lihat kebutuhannya. Ada statistik-statistik data-data yang ditampilkan strategi digital marketing. Melihat produk kita interaksi dengan layar, bagaimana bisa menyampaikan. Ada pola pencarian datanya yang dicari." lanjutnya.

Rekomendasi