Situs Web dan Aplikasi untuk Cek Tarif Tol, Mudik Lebih Lancar dan Nyaman

| 24 Apr 2023 08:15
Situs Web dan Aplikasi untuk Cek Tarif Tol, Mudik Lebih Lancar dan Nyaman
Travoy, aplikasi untuk cek tarif tol (situs resmi Travoy)

ERA.id - Jika Anda ingin mudik dengan kendaraan pribadi, informasi tarif tol perlu diketahui sejak sebelum berangkat. Dengan demikian, Anda bisa membuat persiapan yang tepat agar perjalanan tidak terhambat. Melalui ponsel pintar, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk cek tarif tol.

Selain itu, ada pula beberapa situs web yang menyediakan informasi terkait tol selama mudik Lebaran. Aplikasi dan situs web tersebut tak hanya hadirkan informasi tarif tol, tetapi juga CCTV real-time, informasi rest area, dan sebagainya. Dirangkum Era.id dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa situs dan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan.

Situs Web dan Aplikasi untuk Cek Tarif Tol

1.    Tol Kita BPJT

Tol Kita, aplikasi untuk cek tarif tol (Google Play)

Tol Kita merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). Aplikasi ini bisa digunakan untuk memudahkan pengguna mendapatkan info mengenai jalan tol, termasuk saat mudik.

Salah satu fitur aplikasi Tol Kita adalah menampilkan estimasi biaya masuk tol sehingga pengguna aplikasi bisa menyiapkan diri dan uang terlebih dahulu. Beberapa fitur lain yang dimiliki adalah CCTV real-time yang menunjukkan kondisi jalan tol, peta jalan tol, call center, dan layanan aduan.

2.    MyInfo Tol

Aplikasi MyInfo Tol dibuat oleh ASTRA Infra. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store (bagi pengguna Android).

MyInfo Tol tidak hanya menyediakan info tarif tol, tetapi juga fitur pantauan CCTV secara langsung yang menunjukkan ruas tol Tangerang—Merak, Cikopo—Palimanan, dan Jombang—Mojokerto.

3.    Travoy

Travoy adalah aplikasi milik Jasa Marga. Informasi tarif tol dalam aplikasi ini dinilai lebih akurat. Anda bisa menggunakan aplikasi ini setelah mengunduh dan membuat akun.

Jika Anda sudah masuk aplikasi, pilih opsi Tarif Tol, kemudian pilih golongan kendaraan, masukkan nama gerbang tol asal. Aplikasi akan otomatis menampilkan tarif tol yang dimaksud.

4.    Waze

Waze bisa menujukkan tarif tol dan rute suatu lokasi. Cara menggunakan aplikasi untuk mengecek tarif tol adalah masuk ke opsi Waze Saya, kemudian pilih Pengaturan, pilih Navigasi, ketik lokasi yang dituju. Aplikasi Waze akan menampilkan tarif tol yang dimaksud.

5.    Situs Web BPJT

Jika Anda tidak ingin membebani ponsel dengan aplikasi, Anda bisa menggunakan situs web. BPJT tidak hanya menghadirkan aplikasi, tetapi juga situs web.

Cara mengakses tarif tol melalui situs ini adalah dengan masuk ke laman https://bpjt.pu.go.id/#, kemudian pilih Tarif Tol, pilih Cek Tarif Tol, ketik ruas jalan tol yang Anda maksud, gerbang masuknya, gerbang keluarnya, dan golongan kendaraan. Situs akan menampilkan tarif tol yang dimaksud.

6.    Situs Web Jasa Marga

Seperti BPJT, Jasa Marga juga punya aplikasi dan situs web. Anda bisa mengetahui tarif tol sesuai golongan kendaraan, yaitu dengan fitur Kalkulator Tarif Tol.

Cara menggunakan situs ini adalah dengan masuk ke https://www.jasamarga.com/kalkulator-tarif-tol, kemudian ketik pilihan golongan kendaraan, pilih Gerbang Tol Asal, dan pilih Gerbang Tol Tujuan. Tarif tol yang dimaksud kemudian akan muncul.

7.    Google Maps

Ini mungkin tidak pernah Anda tahu. Ya, Google Maps termasuk aplikasi untuk cek tarif tol yang bisa Anda manfaatkan. Caranya, buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda, kemudian ketik lokasi tujuan, dan klik Cari. Setelah itu, klik Rute dan Google Maps akan menampilkan rute yang bisa dipilih, termasuk daftar tarif tolnya.

Rekomendasi