Penyebab Rem Tangan Tidak Berfungsi, Para Pengemudi Harus Waspada

| 08 May 2023 21:01
Penyebab Rem Tangan Tidak Berfungsi, Para Pengemudi Harus Waspada
Ilustrasi rem tangan (Pixabay)

ERA.id - Berbeda dengan rem kaki yang mempuyai fungsi utama untuk membantu menghentikan laju kendaraan ketika berjalan, rem parking (parking brake) atau rem tangan berfungsi untuk menahan laju mobil agar tidak bergerak saat di parkir. Namun, bagaimana jika bagian ini tidak berfungsi? Dan apa penyebab rem tangan tidak berfungsi? Artikel ini akan membahas hal ini, simak hingga akhir.

Rem tangan merupakan salah satu piranti yang cukup penting fungsinya. Namun, tidak sedikit para pemilik mobil yang justru melalaikan kondisi sistem rem tangan ini. Alhasil banyak pengguna yang mendapati rem tangan mobil mereka tidak berfungsi.

Dengan kondisi rem tangan yang tidak berfungsi, hal ini jelas dapat membahayakan para penumpang. Terutama saat melewati jalan menanjak maupun menurun. Sebab, biasanya rem ini akan digunakan untuk membantu pengemudi mengendalikan mobil agar tidak bergerak.

Ilustrasi rem tangan (Pixabay)

Lantas apa yang menyebabkan rem tangan mobil tidak berfungsi dengan baik dan apa yang harus dilakukan oleh pengguna/pemilik mobil ketika parking brake tidak berfungsi?

Penyebab Rem Tangan Tidak Berfungsi

Rem tangan pada mobil dapat kehilangan fungsinya karena beberapa hal di bawah ini:

Rem Tangan Ditarik Terlalu Kuat

Salah satu penyebab masalah rem tangan tidak dapat digunakan saat dibutuhkan yakni karena terlalu dipaksa dan terlalu kuat menarik handrem.

Bahkan posisi tersebut selalu dilakukan ketika akan menggunakan. Hal ini tentu menimbulkan dampak buruk, tuas rem tangan dapat ditarik melebihi batas gigi yang ada di dalamnya.

Seperti yang kita tahu, batas gerigi normal pada rem tangan mobil ada pada angka 5 – 7 klik. Jadi, jika dalam jangka waktu lama Anda tetap tidak dapat menggunakan rem tangan dengan cara halus, imbas buruknya yaitu rem tangan akan bisa melebihi gerigi yang ada.

Rem Tangan Lupa Diturunkan

Selain masalah di atas, rem tangan yang tidak berfungsi juga seringkali dikarenakan para pengguna lupa menurunkan posisi rem tangan saat mobil sudah mulai berjalan. Kondisi ini memang menjadi permasalahan dari masing-masing pengemudi.

Namun, ketika mobil berjalan dengan kondisi rem tangan tetap aktif, tentunya dapat membuat sebagian komponen rem tangan akan rusak. Alhasil jika tetap dipaksa berjalan dengan kondisi seperti ini akan dapat membuat rem tangan mobil tidak berfungsi suatu hari nanti.

Rem Tangan Digunakan Saat Mobil Berjalan

Masalah selanjutnya yang menjadi penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi yaitu penggunaan yang tidak tepat. Salah satu contohnya adalah menggunakan rem tangan saat mobil sedang berjalan. Hal ini benar-benar tidak boleh dilakukan.

Sebab, hal ini akan dapat membuat sistem rem tangan akan bekerja secara paksa saat roda mobil sedang berputar, lambat laun jika kalian tetap melakukan cara ini, maka akan berdampak pada semua komponen yang ada.

Komponen Rem Tangan Rusak

Rem tangan yang tidak dapat dikembalikan ke posisi off setelah digunakan dapat disebabkan oleh adanya kesalahan pada sistem rem tangan. Dan biasanya masalah utama rem tangan yang tidak dapat dikembalikan dikarenakan adanya kerusakan pada komponen tertentu.

Namun, Anda tidak perlu panik, sebab jika kalian mengalami masalah demikian, sangat disarankan untuk membawanya ke bengkel langganan agar segera mendapat perbaikan.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab rem tangan tidak berfungsi. Sebaiknya rutinlah memeriksa komponen mobil Anda secara berkala agar dapat terkontrol dengan baik.3

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi