Kelebihan dan Kekurangan Captain Seat pada Mobil yang Harus Diketahui

| 29 Aug 2023 17:05
Kelebihan dan Kekurangan Captain Seat pada Mobil yang Harus Diketahui
Captain Seat, otomotif

ERA.id - Captain seat merupakan salah satu jenis jok mobil yang dianggap memberikan banyak manfaat saat digunakan. Mobil yang menggunakan jenis jok ini pastinya akan mendapatkan kesan eksklusif, mewah, dan elegan. Namun, tentunya ada kelebihan dan kekurangan captain seat pada mobil. Kira-kira apa saja?

Saat ini terdapat beberapa pilihan mobil yang memang sudah memanfaatkan jenis jok satu ini. Jika tidak memilikinya, pemilik mobil juga dapat melakukan modifikasi jok mobil dengan bentuk captain seat. Pilot seat sendiri adalah jok yang dibuat khusus untuk satu orang dan biasanya terletak pada baris kedua mobil MPV. Meskipun terlihat mewah, namun penggunaan captain seat ini mengurangi kapasitas angkut penumpang yang umumnya bisa muat hingga tiga orang penumpang dengan jok konvensional.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Walaupun pada umumnya hanya ada pada baris kedua, akan tetapi ada juga beberapa produsen mobil yang memposisikan captain seat pada semua bagian. termasuk kursi supir hingga penumpang di baris ketiga. Nah, ditinjau dari beberapa pertimbangan, ternyata terdapat kelebihan dan kekurangan dari captain seat. Berikut penjelasan secara lengkapnya:

Kelebihan Captain Seat

Kabin tengah luas

Selain tampil eksklusif karena khusus untuk satu orang saja, penggunaan captain seat juga dapat membuat kabin mobil terasa lebih luas. Ruang di antara dua buah pilot seat di baris kedua menjadikan orang yang hendak masuk ke baris ketiga lebih mudah karena tak perlu lagi menggeser atau melipat jok baris kedua.

Cocok untuk lansia

Kenyamanan yang dirasakan pada saat menggunakan pilot seat dapat membantu pengguna lansia merasa lebih nyaman dan juga aman ketika berkendara di mobil. Jok tipe ini relatif mampu menjaga tubuh lebih aman saat menerima getaran atau guncangan dalam perjalanan.

Tampil lebih mewah

Captain seat ini dipercaya membuat desain dari mobil menjadi lebih mewah karena penumpang di dalamnya menjadi eksklusif dan seperti duduk di jok kelas bisnis pesawat terbang. Pilot seat di mobil umumnya digunakan untuk mobil kelas menengah ke atas, akan tetapi belakangan ini juga diterapkan untuk mobil-mobil murah.

Bagi Anda yang hendak memiliki mobil dengan jok pilot seat di dalamnya, Anda bisa membeli mobil seperti Toyota Sienta Welcam, Toyota Alphard, Toyota Innova, Wuling Confero, dan lainnya.

Kekurangan Captain Seat

Namun, jika mobil yang Anda miliki tidak dibekali langsung dengan captain seat dan Anda ingin memodifikasinya, maka Anda harus memperhatikan dua tips berikut sebelum melakukannya. Tips pertama adalah Anda wajib memahami kebutuhan mobil dan juga kapasitas ruang yang ada di dalam kabin mobil.

Pastikan pilot seat yang hendak dipasang tidak hanya menjadi sebuah hiasan semata, tetapi mempunyai fungsi sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, apabila ruang kabin mobil terlalu sempit, maka sebaiknya jangan paksakan untuk memasang pilot seat.

Sebab, jika tetap dipaksakan, maka akan menjadikan kabin semakin sempit dan tentunya mengurangi kenyamanan penumpang.

Nah, demikianlah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan captain seat pada mobil. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi