Mengenal Hackathon, Kompetisi yang Dinantikan Programer dari Seluruh Dunia

| 14 Sep 2023 19:15
Mengenal Hackathon, Kompetisi yang Dinantikan Programer dari Seluruh Dunia
Mengenal hackathon (unsplash)

ERA.id - Hackathon adalah istilah yang semakin populer dalam dunia teknologi, dan merupakan acara dinantikan para programer dari seluruh dunia. Artikel ini akan mengajak semua pembaca untuk mengenal hackathon lebih dalam.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam untuk memahami apa itu hackathon, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa hackathon menjadi sangat dipuja-puja.

Mengenal Hackathon

Hackathon adalah acara yang umumnya diselenggarakan oleh perusahaan teknologi atau organisasi di mana para programer bekerja bersama-sama dalam waktu yang sangat singkat untuk memecahkan suatu masalah.

Lantaran waktu yang sangat terbatas dan biasanya acara berlangsung hanya selama 24 jam selama akhir pekan, para peserta hackathon sering kali harus begadang dan bekerja dengan sangat cepat untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam waktu yang terbatas.

Acara-acara hackathon sebagian besar mirip dengan kompetisi dimana tujuannya adalah menyelesaikan sebuah proyek dalam waktu yang sangat singkat. Para peserta harus menyiapkan prototipe aplikasi perangkat lunak seperti aplikasi web atau mobile yang setelah diuji dapat digunakan dalam kehidupan nyata.

acara hackathon menjadi sangat adiktif (unsplash)

Terlepas dari kurangnya tidur bagi para peserta, acara-acara hackathon menjadi sangat adiktif, dan memiliki komunitas yang berkembang dengan sangat cepat.

Para mahasiswa IT diketahui lebih suka menghabiskan waktu di hackathon untuk membahas masalah mereka di akhir pekan daripada berkumpul di kafe, toko, atau konferensi dan mencoba mencari solusi untuk proyek yang mereka kerjakan.

Adapun tujuan dari acara hackathon adalah memulai proyek dari awal dan mengakhiri acara dengan prototipe yang berfungsi. Dalam hackathon tidak menjadi masalah jika Anda membangun situs web baru, aplikasi seluler, atau bahkan melakukan peretasan perangkat keras.

Kemudian begitu waktu hackathon habis, tim-tim akan mempresentasikan apa yang telah mereka bangun dan bersaing untuk memenangkan hadiah.

Lomba Hackathon 2023, Bagaimana Mencarinya?

Anda dapat menemukan informasi tentang hackathon yang akan datang melalui beberapa cara yang berbeda, sebegai berikut:

Pertama, situs web seperti Hackathon.com akan menyediakan daftar lengkap acara hackathon yang akan datang. Situs ini juga memungkinkan Anda mencari hackathon berdasarkan kota dan memberikan tautan langsung ke halaman resmi acara untuk pendaftaran.

Kedua, Eventbrite.com adalah platform lain yang berguna untuk mencari berbagai jenis acara, termasuk hackathon. Situs ini memungkinkan Anda mencari acara berdasarkan lokasi dan tanggal. Eventbrite memiliki sistem yang kuat dan ramah pengguna, yang dapat membantu Anda menghemat waktu saat mendaftar.

Selain itu, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn juga merupakan sumber informasi yang berguna. Para penyelenggara hackathon sering menggunakan media sosial untuk mempromosikan acara mereka.

Panitia hackathon biasanya berbagi materi promosi dan informasi tentang daftar hackathon yang akan datang. Anda dapat mengikuti hashtag seperti #hackathon atau bergabung dalam grup yang ditujukan untuk para penggemar hackathon untuk tetap terinformasi.

Setelah membaca artikel ini diharapkan Anda dapat dengan mudah menemukan hackathon yang akan datang, baik secara online maupun di lokasi Anda.

Selain itu, penting untuk tetap terhubung dan terinformasi, terutama jika Anda adalah seorang penggemar atau peserta hackathon yang ingin tetap terlibat dalam komunitas ini yang berkembang pesat.

Selain mengenal hackathon, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi