Mencermati Kelebihan dan Kekurangan TikTok Shop Sebelum Bertransaksi

| 22 Sep 2023 20:00
Mencermati Kelebihan dan Kekurangan TikTok Shop Sebelum Bertransaksi
Ilustrasi membuka aplikasi TikTok (pexels)

ERA.id - Saat ini media sosial tak hanya jadi ruang berbagi cerita, tetapi juga tempat bertemunya penjual dan pembeli. Salah satu platform yang memfasilitasi kebutuhan ini adalah TikTok. Para pengguna bisa menjual dan membeli berbagai produk dengan lebih mudah.

Namun, seperti halnya platform jual-beli online lainnya, ada kelebihan dan kekurangan TikTok Shop yang perlu diketahui jika Anda ingin menjadikannya lapak jualan. Ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan menggunakan TikTok untuk berdagang atau berbelanja.

Pendaftaran penjual di TikTok Shop (situs resmi TikTok)

Kelebihan Tiktok Shop

  • Banyak promo

Salah satu daya tarik dari TikTok Shop, terutama bagi para calon pembeli, adalah penawaran dan promosi yang menggiurkan. Beberapa penawaran tersebut adalah flash sale, diskon belanja, promo gratis ongkos kirim (ongkir), promo cashback, dan lain sebagainya.

  • Pendaftaran mudah

Jualan di TikTok Shop terbilang mudah. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penjual hanya dengan menyiapkan data diri. Penjual juga disediakan aplikasi tersendiri untuk memudahkan pengelolaan produk.

  • Promosi mudah

Bagi penjual, salah satu kelebihan dari TikTok Shop adalah kemudahan dalam melakukan promosi. TikTok Shop terintegrasi dengan TikTok yang menjadi ruang berbagi video pendek.

Dengan demikian, para penjual bisa mendapatkan pembeli dengan lebih mudah dan jangkauan yang lebih luas. Di TikTok tersedia fitur keranjang kuning sehingga pemilik akun bisa membuat video yang menarik calon konsumen sekaligus mempromosikan produknya.

  • Traffic dan jangkauan pasar tinggi

TikTok adalah salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Ini menjadi lapak yang sangat potensial untuk mempromosikan produk sebab memiliki traffic dan jangkauan pasar yang tinggi.

  • Biaya admin

Platform berjualan online membebankan biaya admin kepada penjual untuk setiap transaksi. TikTok Shop cukup menarik untuk para penjual sebab biaya admin cukup murah.

  • Transaksi aman

TikTok Shop terhubung dengan TikTok. Jadi, proses transaksinya diawasi secara ketat oleh TikTok. Platform ini juga menyediakan sistem tersendiri untuk mengurangi risiko penipuan. Dengan demikian, penjual dan pembeli bisa lebih aman saat melakukan transaksi.

Kekurangan Tiktok Shop

  • Persetujuan cukup lama

Proses persetujuan butuh waktu yang cukup lama. Saat penjual ingin memasukkan produk ke TikTok Shop, dia harus melalui proses persetujuan dan verifikasi seperti yang di lakukan TikTok.

  • Perilisan produk

Berkaitan dengan sebelumnya, kekurangan lain dari TokTok Shop adalah lambatnya perilisan produk. Setelah produk dinyatakan lolos proses persetujuan, produk tersebut ada kemungkinan tidak langsung ditampilkan dan tersedia untuk dilihat dan dibeli konsumen.

  • Hasil penjualan tidak langsung masuk saldo

Penyaluran dana atau hasil penjualan tidak langsung masuk ke saldo penjual. Jadi, saat suatu produk telah berhasil terjual, hasil penjualan tersebut ada kemungkinan tidak langsung tersedia di saldo atau rekening penjual.

  • Proses transfer saldo ke rekening

Transfer saldo ke rekening cukup lama sebab penjual harus melalui beberapa langkah. Penjual harus memverifikasi dan memberikan informasi yang dibutuhkan, misalnya nomor rekening, nama bank, dan data identifikasi yang lain. Setelah itu, TikTok shop melakukan verifikasi dan pengecekan sebelum mentransfer saldo ke rekening.

  • Harga kompetitif

Penjual di TikTok Shop menghadapi persaingan harga yang cukup kompetitif. Ini menjadi dilema juga bagi pembeli sebab perbedaan harga kadang membuat pembeli menjadi khawatir soal keaslian dari produk yang dijual.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan TikTok Shop yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id

Rekomendasi