Servis Berkala Motor Listrik dan Beberapa Komponen yang Harus Dicek Mekanik

| 23 Sep 2023 21:05
Servis Berkala Motor Listrik dan Beberapa Komponen yang Harus Dicek Mekanik
Servis berkala motor listrik (unsplash)

ERA.id - Meskipun memiliki perbedaan dalam hal mesin dan komponen (dibandingkan kendaraan bermesin bakar) servis berkala motor listrik tetap diperlukan untuk memastikan kinerja yang optimal.

Dalam artikel ini, kami akan membahas pentingnya servis berkala untuk motor listrik, apa saja yang perlu diperiksa selama servis, serta manfaat jangka panjangnya untuk kendaraan Anda.

Servis Berkala Motor Listrik, Cek Beberapa Komponen Ini

  1. Dinamo

Salah satu aspek yang perlu diperiksa secara berkala adalah dinamo motor listrik. Komponen ini, meskipun berperan vital, rentan terhadap kotoran dan korosi. Oleh karena itu, pemeriksaan dan pemeliharaan rutin perlu dilakukan untuk memastikan dinamo tetap berfungsi dengan baik, bahkan jika motor listrik jarang digunakan.

  1. Baterai

Selain dinamo, baterai motor listrik juga menjadi fokus perawatan. Baterai adalah sumber utama daya penggerak pada motor listrik, dan memiliki masa pakai terbatas, biasanya sekitar 2 hingga 3 tahun tergantung pada penggunaan.

Jika baterai melewati batas usia maksimal, kemampuannya dapat menurun atau bahkan mengalami kerusakan. Penting untuk diingat bahwa tidak selalu diperlukan penggantian baterai baru jika terjadi masalah.

Dalam banyak kasus, perbaikan ringan atau servis balancing setiap 6 bulan sekali bisa memperpanjang masa pakai baterai. Penggantian hanya diperlukan jika kerusakan sudah menyebar ke Battery Management System (BMS).

  1. ECU

Komponen lain yang perlu diperiksa termasuk kontrol atau modul yang memiliki fungsi serupa dengan ECU pada motor bensin. Kendaraan listrik juga memiliki sistem kelistrikan dan mekanik yang perlu diperiksa secara berkala.

Idealnya, servis berkala motor listrik sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sekali, terutama jika motor listrik digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari.

Apakah motor listrik perlu servis rutin?

Motor listrik seperti halnya kendaraan lainnya, juga membutuhkan servis rutin dan berkala guna menjaga performanya tetap optimal.

Terkadang, pemilik sepeda motor listrik mungkin belum sepenuhnya menyadari perawatan yang diperlukan karena motor listrik tidak menggunakan oli pelumas khas seperti motor berbahan bakar.

Meskipun demikian, ada beberapa komponen yang memerlukan perhatian khusus selama servis rutin. Komponen-komponen ini termasuk soket-soket perkabelan, laher dinamo, dan sistem pengereman.

Apakah motor listrik perlu servis rutin (unsplash)
  1. Soket Kabel

Soket-soket kabel biasanya terletak di kompartemen bagasi dekat baterai dan MCB (Main Circuit Breaker). Perawatannya relatif mudah, cukup dengan melepaskan soket-soket tersebut dan membersihkannya menggunakan cairan WD-40, lalu mengeringkannya.

Tindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya karat atau korosi akibat kelembapan atau masuknya cairan. Idealnya, pemeriksaan dan perawatan soket-soket ini dilakukan setiap dua bulan sekali, tetapi frekuensi ini bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca dan penggunaan. Jika motor sering terkena hujan, disarankan untuk memeriksanya lebih sering.

  1. Laher

Perawatan serupa juga diperlukan untuk area laher atau poros dinamo, terutama pada penggerak jenis hub-drive. Komponen ini harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran.

Proses perawatan sama seperti soket-soket kabel, yaitu membersihkannya dengan cairan WD-40 dan mengeringkannya. Tindakan ini juga akan mencegah terjadinya masalah seperti bearing yang macet.

  1. Rem

Pemeriksaan terakhir yang perlu diperhatikan adalah sistem pengereman. Proses pemeriksaan rem ini mirip dengan motor konvensional. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel, tidak perlu menjadi bengkel khusus motor listrik, karena yang perlu diperiksa adalah kampas rem. Ini penting untuk memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik dan aman.

Selain servis berkala motor listrik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi