Aplikasi yang Menguras Baterai HP Android, Periksa HP Anda dan Segera Hapus Aplikasi Berikut

| 28 Sep 2023 08:15
Aplikasi yang Menguras Baterai HP Android, Periksa HP Anda dan Segera Hapus Aplikasi Berikut
Daftar aplikasi Android yang bikin ponsel lambat (AndroidPIT)

ERA.id - Salah satu aspek terpenting dalam HP jenis Android adalah baterai. Jika terdapat aplikasi yang terus menerus berjalan, secara otomatis daya HP pun akan terkuras dan berpengaruh terhadap masa penggunaan baterai. Oleh sebab itu, Anda harus memahami apa saja aplikasi yang menguras baterai HP Android.

Sebuah perusahaan bernama pCloud melakukan riset terkait aplikasi yang menguras baterai paling banyak di HP Android. Dari riset tersebut, disimpulkan bahwa terdapat 3 faktor saat menentukan aplikasi mana yang menggunakan baterai paling boros.

Tiga faktor tersebut mencakup fakta bahwa secara otomatis setiap aplikasi meminta dan mengirimkan informasi berkelanjutan. Misalnya lokasi, kamera, dan konsumsi baterai. Dari analisis ketiganya, pCloud dapat melihat aplikasi yang paling menguras baterai di HP Android.

Aplikasi Media Sosial Paling Menguras Baterai HP Android

Hasilnya, aplikasi media sosial mendominasi 20 aplikasi teratas yang berpotensi menguras baterai HP jenis Android. Secara kolektif, aplikasi media sosial adalah enam dari 20 aplikasi yang paling boros dan menguras baterai ponsel.

Hal ini disebabkan aplikasi seperti Facebook, Youtube, Instagram, Snapchat, WhatsApp, dan Linkedin memungkinkan 11 fitur tambahan beroperasi di background, misalnya foto, wifi, lokasi, dan mikrofon. Fitur-fitur tambahan ini menggunakan lebih banyak daya untuk bekerja dan pada akhirnya menyedot daya baterai secara maksimal.

Selain itu, dari enam aplikasi media sosial tersebut, hanya Instagram yang memungkinkan mode gelap, yang bisa menghemat hingga 30% lebih banyak masa penggunaan baterai di ponsel. Sedangkan satu-satunya aplikasi media sosial lain yang mengizinkan fitur ini yaitu media Twitter.

Ilustrasi transfer data WA dari HP Android ke iPhone (Pixabay)

20 Aplikasi yang Menguras Baterai HP Android

  1. Bigo Live
  2. Instagram
  3. Tinder
  4. Bumble
  5. Snapchat
  6. WhatsApp
  7. Zoom
  8. Fitbit
  9. Verizon
  10. Uber
  11. Skype
  12. Facebook
  13. Airbnb
  14. YouTube
  15. Booking
  16. Amazon
  17. Telegram
  18. Grindr
  19. Likke
  20. LinkedIn

Cara Menghentikan Aplikasi yang Menguras Baterai HP Android

Setelah memahami daftar aplikasi yang paling banyak menguras baterai, Anda pun sebenarnya tetap dapat menggunakannya. Dengan teknis tertentu, Anda dapat mengakali aplikasi tersebut tanpa harus menguras baterai. Untuk lebih lanjut, simak langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke pilihan pengaturan ponsel
  • Pilih Baterai
  • Pilih "Optimalkan penggunaan baterai" pada menu "Pengaturan lanjutan"
  • Tekan pada aplikasi yang masuk dalam daftar di atas, selanjutnya pilih “Jangan Optimalkan”

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa beberapa aplikasi yang jarang terpakai atau tidak lagi digunakan. Anda bisa memutuskan untuk menghapus beberapa aplikasi tersebut. Hal ini bisa menjadi pilihan agar HP Android Anda bisa menghemat baterai dan terhindar dari kemungkinan terburuk yang akan terjadi di hari esok.

Demikianlah penjelasan tentang aplikasi yang menguras baterai HP Android dan bagaimana menentukan tindakan yang tepat terhadap masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi