Cara Mudah Daftar Face Recognition Melalui Aplikasi Access by KAI

| 10 Dec 2023 08:00
Cara Mudah Daftar Face Recognition Melalui Aplikasi Access by KAI
Cara mudah daftar face recognition (X)

ERA.id - Dengan inovasi terbaru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah memperkenalkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate sejak 28 September 2022 lalu. Masih bingung? Mari simak cara mudah daftar face recognition.

Adanya face recognition membuat para pelanggan dapat menikmati kenyamanan boarding tanpa kerumitan menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, atau bahkan dokumen vaksinasi.

Dengan demikian, pengalaman perjalanan dengan kereta api semakin modern dan efisien dengan penerapan teknologi Face Recognition Boarding Gate.

Pada 28 September 2022, KAI merayakan ulang tahun ke-77 dengan memberikan hadiah inovatif kepada para pelanggan berupa Face Recognition Boarding Gate.

Keberadaan teknologi Face Recognition Boarding Gate merupakan hasil tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KAI dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 2 Februari 2022.

Adanya implementasi Face Recognition Boarding Gate, diharapkan pengalaman perjalanan pelanggan semakin terfasilitasi. Joni Martinus, Wakil Presiden Hubungan Masyarakat KAI pada waktu itu, menyatakan harapannya bahwa proses boarding yang lebih cepat dan praktis akan meningkatkan kenyamanan pelanggan selama perjalanan menggunakan kereta api.

face recognition mempermudah penumpang kereta api (X, Putra S)

Apa Itu Face Recognition?

Dilansir dari laman PT KAI, Face Recognition Boarding Gate adalah fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah.

Kemudian data wajah dapat terintegrasi dengan informasi tiket kereta, termasuk status vaksinasi pelanggan.

Untuk menikmati fasilitas Face Recognition Boarding Gate, pelanggan perlu melakukan registrasi sekali di awal, menggunakan e-KTP pada alat e-KTP Reader, serta menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang tersedia di e-KTP Reader.

Setelah registrasi, pelanggan tidak perlu lagi mencetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju Face Recognition Boarding Gate saat mendekati jam keberangkatan. Cukup arahkan wajah ke mesin pemindai, dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sesuai, gate akan terbuka secara otomatis.

Menariknya, proses verifikasi wajah dan data dilakukan dalam waktu singkat, hanya dalam 1 detik, memastikan kelancaran proses boarding dan mengurangi antrian.

Face Recognition Boarding Gate merupakan inovasi untuk memudahkan pelanggan dan meningkatkan efisiensi dalam perjalanan kereta api.

Cara Mudah Daftar Face Recognition

Bagaimana cara melakukan pendaftaran face recognition KAI melalui aplikasi Access by KAI? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Access by KAI pada ponsel Anda dan login dengan akun yang sudah terdaftar.
  • Pilih menu "Akun" dan kemudian klik opsi "Registrasi Face Recognition".
  • Isi informasi pribadi, termasuk nama, nomor induk kependudukan (NIK), tanggal lahir, dan unggah foto diri pada kolom yang tersedia.
  • Pastikan semua data yang diisi sudah benar, lalu klik tombol "Daftar Sekarang".
  • Proses pendaftaran face recognition KAI selesai.

Perlu diketahui, pendaftaran Face Recognition Boarding Gate hanya perlu dilakukan satu kali dan akan berlaku untuk penggunaan berikutnya.

Dengan melakukan registrasi Face Recognition Boarding Gate, penumpang dapat langsung menuju ke face recognition boarding gate saat mendekati jam keberangkatan tanpa perlu menunjukkan dokumen fisik.

Selain cara mudah daftar face recognition, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi