5 Aplikasi Ponsel untuk Teman Beribadah Selama Ramadan

| 13 Mar 2024 08:15
5 Aplikasi Ponsel untuk Teman Beribadah Selama Ramadan
Warga Muslim membaca Al Quran digital menggunakan telepon pintar di Masjid Al Markaz Al Islam, Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

ERA.id - Saat ini, kehadiran aplikasi-aplikasi di telepon pintar sudah semakin beragam, termasuk untuk dijadikan teman beribadah selama Ramadan. 

Berbagai fiturnya sebagian besar dapat mendukung kegiatan ibadah umat Muslim hingga memudahkan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah selama bulan Ramadan. 

Aplikasi untuk teman beribadah selama Ramadan

Berikut lima aplikasi bisa menemani kegiatan ibadah umat Islam pada bulan Suci sebagaimana dikutip dari laman Antara.

1. Qara'a Belajar Ngaji Quran

Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki pengalaman mempelajari Alquran secara lebih interaktif dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Aplikasi Qara'a memiliki modul belajar yang dilengkapi dengan animasi sehingga memudahkan proses belajar huruf hijaiyah, tahsin, dan tajwid.

Selain itu, ada fitur setor ayat. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan rekaman suara saat belajar dan membaca Al Quran. Rekaman selanjutnya akan  mendapat umpan balik dari para penghafal Alquran bersertifikat.

2. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna melaksanakan kegiatan ibadah sehari-hari. Fitur utama aplikasi ini meliputi jadwal salat, Alquran digital, kompas kiblat, bacaan doa, hingga penghitungan zakat.

3. Al Quran, Adzan - Muslim Muna

Muslim Muna merupakan aplikasi pembelajaran Alquran. Aplikasi ini memiliki fitur waktu salat, adzan, teks untuk doa, kalender Hijriah, arah kiblat, informasi tentang masjid dan restoran halal terdekat, hingga pengingat salat malam dan puasa.

4. Ruang kajian - Pahami Islam

Aplikasi ini berisi kumpulan siniar kajian Islam dari dai. Pengguna dapat mendengar ceramah agama dari dai seperti Ustadz Subhan Bawazier, Ustadz Abi Makki, dan Ustadz Oemar Mita.

5. Counter Tasbih Digital

Aplikasi ini membantu pengguna menghitung bacaan zikir, termasuk saat membaca nama-nama Allah, salawat, dan tasbih setelah salat.

Aplikasi Counter Tasbih Digital akan mencatat zikir dan menyimpannya dalam bentuk jumlah zikir, tanggal, dan nama zikir.

Apabila pengguna menutup aplikasi ini, angka hitungan zikir tidak akan dihapus. Saat aplikasi dibuka kembali, angka hitungan zikir akan tampil di layar. Pengguna tinggal menekan tombol agar angka kembali berdetak.

Rekomendasi