Cara Mendinginkan HP yang Overheat, Lakukan Langkah-langkah Ini

| 30 Jun 2024 17:10
Cara Mendinginkan HP yang Overheat, Lakukan Langkah-langkah Ini
Cara mendinginkan HP yang overheat. (Dok. unsplash)

ERA.id - Pada saat cuaca sedang panas atau memasuki musim kemarau, hal ini akan memberikan dampak tertentu, salah satunya untuk barang-barang elektronik. Khususnya ponsel yang sering kita bawa ke mana-mana. Ketika cuaca panas, HP juga bisa ikut panas dan cepat overheating.

Overheating pada ponsel inilah yang akan memberikan dampak pada performa dan kinerja ponsel. Sebagai contoh, HP yang bersuhu tinggi akan menyebabkan Central Processing Unit (CPU) dan Graphics Processing Unit (GPU) menurun kinerjanya, sehingga menjadi lemot atau lambat dan berpengaruh terhadap tugas-tugas seperti memuat aplikasi atau bermain game. Oleh sebab itu, Anda harus cepat-cepat mendinginkan ponsel yang terlalu panas. Lantas bagaimana cara mendinginkan HP yang overheat?

Cara Mendinginkan HP yang Overheat?

Dilansir dari laman resmi Tecno, begini beberapa teknik mendinginkan HP yang overheat:

Membawa tempat khusus atau tas kecil untuk ponsel

Bagi Anda yang sering bepergian atau sering menggunakan ponsel di luar ruangan, disarankan untuk memiliki pelindung ponsel. Contohnya dengan menggunakan tas kecil sebagai wadah ponsel yang dapat dibawa ke mana pun.

Hal ini akan membantu agar ponsel tidak terpapar panas matahari secara langsung. Sehingga ponsel Anda lebih terlindungi dan aman. Jika HP sangat panas, maka usahakan agar Anda segera mendinginkannya di ruangan sejuk atau ber-AC.

Lepas casing HP

Melepas casing dari perangkat juga cukup membantu menjadikan ponsel Anda dingin. Beberapa casing ponsel umumnya tidak mempunyai aliran udara yang baik sehingga menimbulkan ponsel cepat panas. Oleh sebab itu, untuk mengurangi suhu panas pada HP yang menyebabkan overheating, cobalah untuk melepas casing HP.

Tutup atau nonaktifkan latar belakang aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang terbuka merupakan alasan utama ponsel Anda menjadi semakin panas. Sebaiknya periksa kembali aplikasi mana saja yang kerap digunakan dan berjalan secara bersamaan. Aplikasi yang terlalu sering dibuka dan mempunyai intensitas penggunaan prosesor dan chip listrik di dalam ponsel dalam jumlah besar yang menimbulkan panas. Nah, untuk mengurangi overheating, cobalah untuk menutup beberapa aplikasi yang jarang atau sudah tidak dimanfaatkan untuk mengurangi panas.

Matikan ponsel

Jika Anda sedang berada di luar ruangan dengan suhu cukup panas, cobalah untuk matikan HP agar suhu panas ponsel dapat berkurang.

Ilustrasi. (Pixabay)

Jangan satukan tempat HP dengan perangkat elektronik yang lain

Saat Anda bepergian, umumnya pengguna akan menumpuk atau menyatukan HP dengan perangkat yang lain, misalnya dengan tablet, laptop, dan lainnya. Hal ini yang menjadikan ponsel semakin overheating. Oleh sebab itu, kelola penempatan HP dan perangkat elektronik Anda lainnya.

Aktifkan mode pesawat

Salah satu tips mendinginkan ponsel lainnya yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Ponsel dengan layanan operator seluler yang aktif umumnya masif dalam mencari koneksi, hal ini yang dapat menimbulkan ponsel menjadi cepat panas. Oleh karena itu, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat sesekali.

Demikianlah beberapa cara mendinginkan HP yang cepat overheat karena cuaca panas. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi