Viral Polemik Foto Gunung Gede Pangrango dari Kemayoran, Ini Penjelasan Fotografer

Tim Editor

Ari Wibisono (era.id)

ERA.id - Foto suasana Kemayoran, Jakarta Pusat, berlatar Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat karya fotografer, Ari Wibisono, yang diposting di Instagram Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mendadak jadi perbincangan warganet. 

Gunung Gede Pangrango terlihat jelas dan besar di dalam frame foto. Foto itu menjadi ramai setelah fotografer senior Arbain Rambey menuduh foto itu hasil 'tempelan'.

Awalnya, Ari Wibisono sengaja keluar pagi-pagi untuk hunting suasana Jakarta. Ia ingin menggambarkan perbaikan kualitas udara Jakarta dampak penerapan PSBB.

"Sengaja lagi hunting naik motor lewat flyover Kemayoran arah Gunung Sahari. Spot itu dadakan pas saat saya lewat jalur itu tiba-tiba pas tengok kiri ada terlihat Gunung Gede Pangrango,” kata Ari saat berbincang kepada ERA.id, Kamis (19/2/2021).

Pada Rabu pagi, ia sengaja memotret suasana Kemayoran di pagi hari.

"Pukul 06.20 WIB sampai jam 07.00 WIB, gunung masih terlihat gagah. Jelang jam 07.30 WIB, gunung mulai hilang pelan-pelan," tambah dia. 

Ia memotret sebanyak 20 kali dengan pengaturan manual pada kamera dengan lensa standar yang berbeda. Ia memakai kamera Nikon dengan lensa 55-300 mm, dibantu tripod.

Dengan saturasi dan pencahayaan yang pas, akhirnya ia posting foto tersebut di Instagram. "Hanya satu foto yang setingannya yang pas menurut saya komposisinya," ucapnya.

Ari mengaku kecewa dengan tuduhan fotografer senior Arbain Rambey. Ari ingin ada permintaan maaf dari Arbain. "Beliau sudah minta maaf, tapi baru sekadar menyapa di media sosial saja," katanya.

Tag: Gunung Gede Pangrango gunung gede pangrango dari kemayoran

Bagikan: