Ternyata Facebook Ungkap Penyebab Instagram Hingga Whatsapp Down, Karena Ini

| 05 Oct 2021 11:57
Ternyata Facebook Ungkap Penyebab Instagram Hingga Whatsapp Down, Karena Ini
Facebook

ERA.id - Penyebab gangguan atau down (tak bisa diakses) Whatsapp, Instagram, dan Facebook hingga enam jam pada Senin (4/10) malam hingga Selasa (5/10/2021) disebut akibat perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data.

Hal itu diungkapkan Vice President Infrastructure Facebook Inc Santosh Janardhan dalam laman Facebook, Selasa (5/10).

"Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini," kata dia.

Menurut Santosh, gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data.

"Sehingga menghentikan layanan kami," ucapnya.

Dikatakan, penyebab utama pemadaman ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem internal yang tim Facebook gunakan dalam operasi sehari-hari, mempersulit upaya perusahaan untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Saat itu, masalah muncul akibat Facebook melakukan kesalahan dalam pembaruan rutin BGP telah menghapus rute DNS yang dibutuhkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram untuk memungkinkan jaringan lain menemukan situs mereka.

BGP merupakan salah satu sistem yang digunakan internet untuk mengarahkantrafficatau lalu lintas internet Anda ke tempat yang dibutuhkan secepat mungkin. Tugas BGP adalah menunjukkan jalan dan memastikan itu merupakan rute yang terbaik.

Santosh menegaskan, pihaknya yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah.

Menurutnya, pihaknya tidak memiliki bukti data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari penghentian ini.

Masalah tak bisa diaksesnya layanan Facebook, Whatsapp dan Instagram kali ini merupakan kedua terburuk setelah 2019. Saat itu, situs Facebook tak bisa diakses lebih dari 24 jam.

Rekomendasi