Kata Paling Dicari di Google Tahun 2021: Vaksin COVID-19, PeduliLindungi, PPKM

Tim Editor

Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Year in Search 2021” menggambarkan kecenderungan masyarakat Indonesia mencari cara untuk bangkit dan pulih dari pandemi COVID-19.

“Kalau melihat esensinya, tahun 2021 ini bagaikan tahun di mana masyarakat Indonesia itu benar-benar mencari cara untuk pulih, mencari cara untuk bagaimana bisa bangkit kembali, tapi bangkit kembalinya pun lebih tangguh,” ujar Communication Manager Consumer Products Google Indonesia, Feliciana Wienathan. saat konferensi pers virtual pada Rabu.

“Year in Search” sendiri merupakan kompilasi tren penelusuran tahunan yang dikumpulkan Google terkait dengan topik peningkatan paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan tahun sebelumnya.


Menurut Feliciana, pada tahun ini masyarakat Indonesia tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tetapi juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh hingga menciptakan terobosan.

“Kalau tahun lalu kita melihat masih harus beradaptasi dan masih bingung dengan perubahan dan segala macam, tapi kalau tahun ini kita benar-benar melihat sudah waktunya aksi semua,” ujarnya.

Pada tahun ini, Google membagi 9 kategori untuk merangkum tren penelusuran, termasuk daftar utama tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends) serta tren seputar COVID-19.

Dalam kategori daftar utama, kata-kata kunci seperti Vaksin COVID-19, Pencegahan COVID-19, Peduli Lindungi, dan PPKM Diperpanjang, menjadi topik penelusuran paling tren di Google Indonesia.

Pada tahun ini Google memasukkan topik “COVID-19” sebagai kategori tren penelusuran. Feliciana mengatakan pertimbangannya karena kondisi pada tahun ini belum terlepas sepenuhnya dari pandemi. Kategori ini memuat kata kunci populer, mulai dari “cara meningkatkan saturasi oksigen”, “cara menyembuhkan COVID”, hingga “siapa saja yang tidak boleh di vaksin”.

“Kita bisa melihat bahwa banyak masyarakat yang benar-benar ingin pulih, tidak hanya pulih secara ekonomi atau secara kapasitas diri tetapi juga pulih dari COVID-19,” tutur Feliciana.

Ia juga mengatakan kata kunci seputar pekerjaan dan wirausaha juga meningkat cukup signifikan pada tahun ini, memperlihatkan bagaimana masyarakat mencari cara agar pulih secara ekonomi, seperti yang terepresentasi dalam kata kunci “cara membuat surat lamaran kerja” dan “cara jualan online”.

Berikut 10 tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends). Daftar “Year in Search 2021” yang disusun Google tidak diurutkan berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.
1. Piala Euro
2. Olimpiade Tokyo
3. BTS Meal
4. Vaksin COVID-19
5. Pencegahan COVID-19
6. Peduli Lindungi
7. PPKM Diperpanjang
8. BPJS Ketenagakerjaan
9. Prakerja.go.id
10. Google Translate

Tag: google

Bagikan: