Ramai Soal Investasi, Gunakan Ini Jika Ingin Dompet Penuh Terus!

| 10 Jan 2022 18:30
Ramai Soal Investasi, Gunakan Ini Jika Ingin Dompet Penuh Terus!
Ilustrasi celengan babi (Ist)

ERA.id - Meskipun ada banyak orang yang menyadari akan pentingnya menabung dan berinvestasi, pada kenyataannya masih ada sebagian orang yang belum melakukan hal tersebut dan masih terus mengandalkan gaji bulanan untuk segala kebutuhannya.

Padahal setiap orang harus memiliki dana darurat untuk keperluan mendesak yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Bayangkan betapa sulitnya masalah yang kamu hadapi ketika tidak memiliki investasi maupun tabungan di kala terjadi sesuatu hal yang mendesak.

Contohnya seperti  saat mengalami kecelakaan, sakit parah, rumah kebakaran, di PHK, bisnis tiba-tiba bangkrut, dan hal-hal lain yang tidak terduga. Pasti kamu akan merasa kerepotan dan bingung mencari pinjaman uang. Oleh sebabnya penting sekali menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung dan diinvestasikan melalui aplikasi investasi yang terpercaya.

Tips Cara Menyisihkan Sebagian Gaji untuk Ditabung dan Investasi

Menabung dan berinvestasi termasuk bagian penting dalam mengelola keuangan jangka panjang yang harus kamu rencanakan mulai sekarang. Saat ini banyak aplikasi investasi yang menawarkan layanan pembelian produk investasi dengan mudah dan praktis.

Tentu tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk tidak melakukan investasi mulai sekarang. Jika kamu kesulitan menyisihkan sebagian gaji untuk melakukan investasi dan menabung, sebaiknya terapkan tips berikut ini:

  1. Rencanakan Anggaran Pengeluaran

Kamu bisa membuat daftar rencana anggaran yang di dalamnya tertulis secara detail tentang anggaran yang kamu keluarkan setiap bulannya. Dengan membuat daftar rencana anggaran dapat membantu kamu mengontrol pengeluaran setiap bulannya.

Berikut ini contoh membuat daftar rencana anggaran sederhana yang bisa kamu terapkan:

●       Pendapatan bulanan: Rp5 juta

●       Uang belanja bulanan untuk kebutuhan pokok: Rp2 juta

●       Uang bensin: Rp400 ribu

●       Uang jajan anak: Rp300 ribu

●       Uang untuk biaya langganan WiFi: Rp200 ribu

●       Uang untuk kebutuhan lain: Rp250 ribu (parkir, rokok, dan lainnya)

●       Uang untuk sedekah: Rp100 ribu

●       Uang untuk pegangan: Rp750 ribu (Untuk jaga-jaga saat kendaraan mogok, harus servis laptop, dan masalah lainnya)

Jadi dari daftar rencana anggaran tersebut bisa dihitung, bahwa pengeluaran setiap bulannya sebesar Rp4 juta, sedangkan gaji yang didapatkan setiap bulannya sebesar Rp5 juta. Dari contoh tersebut uang yang tersisa yaitu sebesar Rp1 juta dan bisa disimpan untuk keperluan investasi dan tabungan.

  1. Bijak dalam Membeli Barang

Cara agar kamu bisa menyisihkan sebagian gaji selanjutnya yaitu dengan membeli barang secara bijak. Membeli barang dengan bijak, bukan berarti mengharuskan kamu untuk memilih produk dengan harga murah yang kualitasnya kurang bermutu

Justru sebaliknya, belilah produk yang terjamin kualitasnya, agar lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Membeli produk murah dengan kualitas rendah, tentu akan membuat kamu semakin boros.

Jadi dalam membeli barang kamu harus benar-benar bijak, perlu diingat tidak semua barang mahal itu memiliki kualitas yang bagus. Sehingga kamu juga harus pintar memilih produk yang akan dibeli.

  1. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Siapa bilang gaya hidup sederhana tidak bisa membuat seseorang bahagia? Justru gaya hidup yang terlalu tinggi akan membuat seseorang mengalami tekanan finansial yang berat. Seperti yang kamu tahu kebanyakan orang yang memiliki gaya hidup yang tinggi.

Biasanya suka memamerkan gaya hidupnya dan akan terus-menerus mengikuti tren yang sedang populer. Contoh mudahnya bisa kamu lihat saat ini banyak orang berlomba-lomba membeli iPhone Pro Max 13 untuk kebutuhan gaya hidup.

Padahal ponsel yang mereka gunakan sebelumnya masih berfungsi dengan baik. Tentunya ini juga masuk dalam kategori pemborosan, meskipun tidak ada larangan dalam melakukan tindakan tersebut dan menjadi hak setiap orang.

Tapi akan lebih baik lagi jika kamu mulai menerapkan gaya hidup sederhana dari sekarang. Membeli barang-barang mewah yang sedang populer pada dasarnya tidak cukup untuk membuat perasaan senang justru malah akan membuat kamu kurang bersyukur.

  1. Memilih Aplikasi Investasi yang Tepat

Berkat kemajuan teknologi yang kian hari semakin pesat, membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Salah satunya dalam hal menabung dan melakukan investasi, saat ini kamu tidak perlu repot-repot ketika membuka rekening tabungan atau menanam modal investasi.

Kini kamu bisa melakukan investasi dan menabung secara digital dengan mudah dan praktis menggunakan aplikasi Investasi dan digital banking. Tapi ada hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan investasi secara digital melalui sebuah platform aplikasi.

Pasalnya tidak semua aplikasi tersebut terjamin keamanan dan legalitasnya, oleh sebab itu kamu perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi investasi. Pastikan sudah memiliki izin dan telah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sedangkan untuk platform aplikasi digital banking sendiri cukup aman dan belum ada kasus penipuan terkait dengan aplikasi digital banking di Indonesia. Itu karena sebagian besar perusahaan yang meluncurkan digital banking merupakan perusahaan perbankan yang sudah terjamin legalitasnya.

Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan aplikasi digital banking yang menawarkan kemudahan dalam pembelian produk investasi, contoh aplikasi investasi terbaik yaitu yang terdaftar di OJK yang sekaligus merangkap menjadi aplikasi digital banking yang memiliki segudang keunggulan seperti digibank by DBS.

  1. Membuka Rekening Tabungan

Kamu perlu mempunyai rekening khusus untuk menabung dan menyimpan dana investasi. Supaya uang yang sengaja kamu sisihkan setiap bulannya tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan pokok.

Jika kamu jadikan dalam satu rekening bisa jadi uang yang kamu sisihkan akan ikut terpakai dan malah akan membuat rencanamu menjadi berantakan dan tidak terealisasi. Sebaiknya kamu membuka rekening tabungan berbasis digital banking biasanya sistem dan prosedur dalam pembukaan rekeningnya sangat mudah.

Tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang ditambah lagi fitur dan layanan yang ditawarkan oleh digital banking cenderung lebih beragam dari mobile banking konvensional. Contohnya aplikasi digibank by DBS yang tidak hanya sekedar menawarkan layanan digital banking saja.

Tapi juga memberikan kemudahan kepada para nasabahnya dalam melakukan investasi. Ada beragam jenis produk yang bisa kamu pilih pada aplikasi digibank by DBS. Jadi digibank by DBS tidak hanya sekedar digital banking biasa tapi juga sebagai aplikasi investasi yang memudahkan kamu dalam membeli produk reksadana dan obligasi. Serta pembukaan deposito valas bagi kamu yang ingin investasi mata uang asing.

 Cara Menggunakan Aplikasi Investasi dari digibank by DBS

Bagi yang belum tahu bahwa aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi investasi terbaik yang memberikan kemudahan nasabahnya dalam melakukan pembelian produk investasi reksadana, obligasi, dan valuta asing.

Ada banyak layanan investasi yang diberikan digibank by DBS untuk para nasabahnya. Dengan tujuan supaya mereka bisa mulai berinvestasi sedini mungkin dengan mudah dan praktis. Berikut ini beberapa layanan investasi yang ada di dalam aplikasi digibank by DBS yang bisa kamu pilih:

  1. Pembelian Produk Reksadana

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa digibank by DBS bukan hanya sekedar digital banking biasa. Tapi juga sebagai aplikasi investasi terbaik yang akan membantu kamu dalam mewujudkan kemapanan finansial di masa depan.

Melalui aplikasi digibank by DBS kamu bisa membeli produk reksadana dengan mudah, aman, dan terpercaya. Jenis produk reksadana yang ada di aplikasi digibank by DBS cukup lengkap kamu bisa membeli jenis produk reksadana berikut ini:

●       Reksadana saham

●       Reksadana campuran

●       Reksadana pasar uang

●       Reksadana pendapatan tetap

Kamu bisa melakukan investasi reksadana secara berkala setiap bulannya dengan menyisihkan sebagian gajimu. Jangan khawatir kamu bisa membeli produk reksadana mulai dengan modal Rp100 ribu saja. Jadi tidak perlu menunggu hingga uangmu terkumpul dalam jumlah banyak uang mulai membeli produk reksadana di aplikasi digibank by DBS.

Kamu bisa beli, jual, dan switch investasi dalam satu aplikasi, selain itu kamu akan lebih mudah memilih produk reksadana karena telah tertera informasi tentang kinerja dan scoring terbaik. Kini kamu juga bisa lebih fleksibel dalam membeli reksadana saham secara berkala di aplikasi digibank by DBS.

  1. Pembelian Produk Obligasi

Selain reksadana kamu juga bisa membeli produk obligasi di aplikasi ini sekaligus digital banking dari digibank by DBS. Banyak penawaran menarik yang tidak boleh kamu lewatkan, di antaranya adalah:

●       Kesempatan mendapatkan cash reward hingga Rp1 juta

●       Imbal hasil hingga 4,80 persen pertahun

●       Pembelian produk obligasi mulai dari Rp1 juta

●       Imbal hasil akan diberikan kepada nasabah setiap bulan

●       Semua proses pembelian produk obligasi dilakukan di satu aplikasi

  1. Pembukaan Deposito Valas

Jika kamu termasuk salah satu orang yang tertarik melakukan investasi dalam mata uang asing. Deposito valas dari digibank by DBS ini patut kamu coba, berbeda dengan pembukaan deposito valas di bank konvensional yang memerlukan proses yang cukup merepotkan. Kini kamu bisa membuka deposito valas hanya dengan gerakan jari melalui aplikasi digibank by DBS.

Selain prosesnya mudah dan cepat, kamu bisa membuka deposito valas kapan pun karena pembukaan deposito valas bisa diakses selama 24 jam penuh setiap harinya. Pilihan mata uang asing yang ditawarkan juga sangat beragam, terdapat 10 pilihan mata uang asing yang bisa kamu pilih saat membuka deposito valas, di antaranya yaitu:

  1. USD
  2. AUD
  3. SGD
  4. EUR
  5. GBP
  6. CAD
  7. CHF
  8. HKD
  9. JYP
  10. NZD

Kamu bisa mulai membuka deposito dollar mulai dari USD100 saja dengan penawaran suku bunga yang kompetitif. Jangka waktu tenor yang disediakan juga bervariatif mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Cara Menabung di Aplikasi digibank by DBS

Berikut ini langkah-langkah membuka rekening tabungan di aplikasi digibank by DBS:

  1. Download aplikasi digibank by DBS du AppStore atau Google Play
  2. Buka aplikasi dan klik Buka Rekening
  3. Isi formulir secara lengkap mulai data diri, nomor telepon, hingga alamat email
  4. Buat username dan password dan jawab beberapa pertanyaan untuk lanjut membuat rekening tabungan
  5. Lakukan verifikasi biometric dengan agen digibank by DBS bagi kamu yang tinggal di area Jabodetabek atau bisa langsung mengunjungi coffe shop bagi kamu yang tinggal di area Bandung dan Surabaya
  6. Setelah melakukan verifikasi biometric rekening tabunganmu bisa langsung digunakan

Apa saja kelebihan membuka rekening tabungan di aplikasi digibank by DBS? Berikut kelebihan selengkapnya yang perlu kamu tahu:

●       Buka rekening tabungan tanpa perlu pergi ke bank

●       Hanya membutuhkan e-KTP dan sidik jari

●       Nikmati bebas biaya transfer ke mana saja

Tunggu apalagi segera buka rekening tabungan digibank by DBS untuk menggunakan aplikasi investasi sekaligus digital banking terbaik yang menawarkan segala kemudahan dalam bertransaksi.

Rekomendasi