Kendaraan Listrik Makin Berkembang, GIIAS 2022 Perkenalkan Teknologi Kendaraan Ramah Lingkungan

| 21 Jul 2022 11:01
Kendaraan Listrik Makin Berkembang, GIIAS 2022 Perkenalkan Teknologi Kendaraan Ramah Lingkungan
Acara konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) memang selalu ditunggu-tunggu oleh pecinta otomotif. GIIAS kembali hadir pada 11-21 Agustus 2022 di BSD-City, Kab Tangerang. Tahun ini, GIIAS memamerkan teknologi dan produk inovasi terbaru di industri otomotif Indonesia.

GIIAS 2022 melahirkan produk kendaraan terbaru, yakni kendaraan listrik. Total ada 25 pabrikan mobil, 11 merek sepeda motor hingga ratusan industri otomotif yang hadir di GIIAS 2022. Pameran ini menekankan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang ramah lingkungan karena bebas polusi dan kebisingan.

"Selalu ada konotasi negatif mengenai otomotif, yakni dari sisi polusi. Saat ini memang belum sempurna, kondisi Jakarta masih sangat kotor. Oleh sebab itu, dalam pameran ini kita tekankan mengenai mobil masa depan yaitu mobil listrik," ujar Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi saat ditemui di acara konferensi pers di Sheraton Hotel, Gandaria City, Jakarta Selatan pada Rabu (20/7).

Acara konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Acara konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

"Mobil listrik memiliki dua keunggulan utama, pertama tidak ada polusi dan tidak ada suara. Sehingga, suara kebisingan bisa kita tekankan. Kita akan lihat banyak produk baru dalam GIIAS itu. GIIAS jadi tolak ukur kesuksesan otomotif Indonesia," lanjutnya.

Ketua III GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara GIIAS, Rizwan Alamsjah mengatakan GIIAS 2022 mengusung tema "The Future is Bright". Hal ini berarti pameran mengenalkan kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicles).

"Temanya sangat mengena "The Future is Bright", itu adalah tema kita di GIIAS. Jadi, mudah-mudahan dengan adanya ini menambah semangat dan industri otomotif berkembang lebih baik lagi. Pameran ini menunjukkan berbagai produk atau teknologi dari para peserta," katanya.

"Adanya situasi perkembangan teknologi. Dalam GIIAS ini pun kami menyediakan vehicles untuk kendaraan listrik. Kami melihat diluar negeri, kendaraan listrik jadi ikon baru di Amerika dan dimana-dimana. Kami juga siap menyediakan supaya para pengunjung benar-benar menikmati keunggulannya," lanjutnya.

Keistimewaan GIIAS ditahun ini, menyediakan area khusus berada di dalam ruangan, yaitu GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track. Meski berfokus pada listrik, pameran otomotif juga tetap menghadirkan mobil berbahan bakar konvensional.

"Kami menyiapkan arena agak unik, di sirkuit dalam gedung. Itu dikhususkan kendaraan listrik, yang pakai supir sih lebih bagus. Karena itu di dalam, nanti mereka merasakan kendaraan listrik yang disajikan para peserta kali ini." ucapnya.

Seperti diketahui, ada 25 merek kendaraan penumpang yang berpartisipasi dalam GIIAS 2022. Diantaranya Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSKK, Isuzu, Honda, Hyundai,KIA, Mazda, MG, Mini, Toyota, Mitshubisi Motors, Lexus, Porche, Subaru, Suzuki, Volkswagen, Wuling, Hino, Isuzo, Mitshubishi Fuso dan UD Trucks.

Tak hanya roda empat, ada 100 merek Industri hadir di GIIAS 2022, seperti karoseri Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Sementara roda dua ada Alva, Astra Honda Motor, Benelli, CF Moto, Pacific Bike, Selis, Keeway, Segway, SYM, Wmoto, dan SM Motor.

Jadwal GIIAS 2022, yakni 11-12 Agustus 2022 hadir di ICE-BSD City, Tangerang. Lalu, pada 14-18 September 2022 pameran diselenggarakan di Grand City Convex, Surabaya. Berikutnya, 5-9 Oktober 2022 di Santika Premiere Hotel&Convention Medan. Terakhir, 16-20 November 2022 di Celebes Convention Center, Makassar.

Tiket yang dijual tersedia secara online dan mulai dibuka program tiket presale di aplikasi GIIAS Auto360. Senin-Jumat harga tiket Rp50 ribu. Sedangkan, sabtu dan minggu seharga Rp100 ribu.

Rekomendasi