Jelang Akhir Tahun, Tips Belanja Hemat Agar Kantong Aman Ala Maudy Ayunda

| 20 Dec 2022 07:30
Jelang Akhir Tahun, Tips Belanja Hemat Agar Kantong Aman Ala Maudy Ayunda
Maudy Ayunda (Instagram/maudyayunda)

ERA.id - Menjelang akhir tahun banyak yang akan berbelanja untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan untuk perayaan Natal,  kebutuhan untuk liburan hingga kebutuhan menyambut tahun baru.

Pada momen itu tentunya diperlukan manajemen keuangan yang baik agar tak terlalu boros. Maudy Ayunda berbagi tips berbelanja di akhir tahun agar tidak terlalu menghabiskan banyak uang. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Gunakan troli di platform belanja online

Belanja secara online sudah menjadi kebiasaan beberapa tahun belakangan ini. Maudy mengatakan bahwa penggunaan fitur troli pada tiap platform belanja online akan sangat membantu untuk menjaga keuangan agar tidak terlalu boros.

"Jadi kalau aku itu sebenarnya menggunakan troli sebagai shop planner aku. Jadi misalnya dalam bulan ini aku beli apa, aku tambahin dulu ke troli, kumpulin dulu. Baru aku mikir dan pilih-pilih mana yang paling butuh," ujar Maudy Ayunda saat acara Lazada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

2. Manfaatkan momen promo

Manfaatkan promo saat belanja (Pexel.com)

Cara lainnya untuk tidak menghabiskan banyak uang saat berbelanja jelang akhir tahun adalah memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan. Maudy mengatakan bahwa promo di momen liburan akhir tahun ini cukup banyak dan itu bisa dimanfaatkan untuk berbelanja banyak tetapi tetap hemat.

"Aku juga menunggu promo spesial. Tapi memang jadinya kan sudah terkumpul di troli, nah biasanya dari itu kita bisa save money lebih juga dengan promo yang ada, terus gratis ongkir. Jadi tunggu momen promonya itu, dan aku bisa saving money lebih juga," jelas Maudy.

3. Belanja sesuai kebutuhan

Bagi Maudy Ayunda berbelanja harus disesuaikan dengan kebutuhan, bukan keinginan semata. Ia mengingatkan untuk tetap membuat pengaturan belanja, lebih mendahulukan yang diperlukan dan sesuaikan dengan biaya yang bisa dikeluarkan.

"Belanja itu sesuai kebutuhan. Kalau misalnya beli gadget, mungkin gadget lebih tinggi. Untuk hal lainnya mungkin bisa kita kurangi gitu, tergantung kebutuhannya sih," tutup Maudy Ayunda.

Rekomendasi